Sukses

Cara Aman Naikkan Berat Badan untuk Si Kurus

Punya badan kurus? Terapkan beberapa cara ini untuk menaikan berat badan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan, tetapi ada juga sejumlah orang bertubuh kurus yang menginginkan berat badannya bertambah. Cara termudah untuk menentukan apakah tubuh Anda termasuk kategori kurus atau gemuk, Anda bisa menggunakan indeks massa tubuh (IMT) sebagai acuannya.

Untuk menambah berat badan, sebagian orang mengonsumsi suplemen untuk menggemukkan badan. Padahal, Anda tidak dapat menambah berat badan dan energi hanya dengan mengonsumsi jenis suplemen tersebut. Meningkatkan berat badan hanya bisa Anda peroleh dari asupan karbohidrat, lemak, protein dan semua makanan yang Anda konsumsi.

Lantas, bagaimana cara menaikan berat badan yang aman?

1. Makanlah lebih dari biasanya

Jika Anda kurus atau memiliki berat badan yang kurang, biasanya Anda lebih mudah kenyang jika dibandingkan dengan mereka yang berat badannya normal. Cobalah makan lebih dari tiga kali sehari.

Ketika tubuh menggunakan kalori untuk beraktivitas dan menjalankan fungsinya, maka energi yang pertama kali digunakan bersumber dari makanan. Apabila jumlahnya mencukupi atau bahkan melebihi kebutuhan, maka sisa energi akan disimpan dalam tubuh seperti pada hati, otot, dan tertimbun dalam jaringan lemak. Itulah mengapa orang yang banyak makan akan gemuk.

2. Perhatikan jenis makanan

Makanan seperti kacang-kacangan, susu, alpukat, telur atau gandum adalah jenis makanan yang memiliki padat kalori, semua makanan itu adalah komponen penting untuk menunjang peningkatan berat badan.

Sementara itu, banyak orang mencoba membatasi makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau lemak ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan. Maka lakukanlah hal sebaliknya jika Anda ingin cepat gemuk.

3. Banyak minum air

Air berfungsi sebagai fasilitator, mediator, dan transisi untuk nutrisi-nutrisi yang beredar di tubuh manusia. Dengan cukup mengonsumsi air putih, maka darah menjadi lancar dalam mengedarkan sari-sari makanan yang diperlukan tubuh, sehingga nutrisi tersebut akan lebih cepat terserap.

Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi cepat gemuk. Selain itu, mengonsumsi air putih juga baik untuk kesehatan ginjal.

4. Istirahat cukup

Selain tidak baik untuk kesehatan, terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat bertambahnya berat badan. Tunda semua pekerjaan Anda di malam hari. Anda memerlukan keterampilan dalam mengatur jadwal harian agar memiliki waktu tidur yang cukup selama 6-8 jam per harinya.

Saat semua nutrisi terpenuhi, maka tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk menyerapnya agar nutrisi tersebut dapat terserap dengan baik. Dengan demikian, berat badan Anda akan bertambah dengan cepat. Begadang membuat metabolisme tubuh berjalan tidak stabil.

5. Rutin berolahraga

Meningkatkan massa otot merupakan salah satu cara menaikkan berat badan yang sehat. Untuk membentuk massa otot lakukanlah olahraga angkat beban, jalan pada pagi atau sore hari, bersepeda dan olahraga ringan lainnya.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang bertubuh kurus dan ingin meningkatkan berat badan. Sebaiknya jangan menggunakan cara-cara instan untuk menambah berat badan.

Jika beberapa cara di atas tak kunjung membuat badan Anda menjadi gemuk, konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Dede Hidayat

    siang dok, saya mau consultasi soal badan saya, yang beratnya cuman segini gini aja tanpa ada perubahan, dan susah buat nambah, padahal makan bisa normal, minuk vitamim udah , tapi tetap aja kurus, gimana cara ngatasin nya dok