Sukses

Kenali 5 Kebiasaan Penyebab Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi kurangnya cairan dalam tubuh. Inilah 5 kebiasaan penyebab dehidrasi yang harus Anda kenali.

Klikdokter.com, Jakarta Penyebab dehidrasi bisa disebabkan asupan cairan yang kurang ataupun pengeluaran cairan yang berlebih. Dehidrasi paling sering disebabkan oleh diare atau muntah yang tidak kunjung sembuh.

Tidak hanya kondisi di atas, ternyata beberapa kebiasaan sehari-hari, tanpa kita sadari bisa menimbulkan dehidrasi. Berikut ini adalah 5 di antaranya:

1. Konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol selain dapat memabukkan juga menyebabkan dehidrasi. Alkohol yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan meningkatkan pembakaran dan reaksi kimia yang membuat air dalam tubuh justru keluar, misalnya lewat keringat.

2. Konsumsi minuman bersoda

Terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda ternyata dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda justru menyerap elektrolit dalam tubuh, sehingga tidak heran setelah minum minuman bersoda Anda akan semakin haus.

3. Konsumsi Teh dan Kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik atau menarik cairan dari dalam tubuh. Karena itu, Anda pasti pernah merasa lebih sering ke toilet jika mengonsumsi kedua minuman ini. Jika terlalu sering mengonsumsi kafein, maka tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak lewat produksi urine.

4. Stres

Ketika stres kelenjar adrenal mengeluarkan stres hormon. Akibat kelelahan maka kelenjar yang berfungsi memproduksi hormon aldosterone akan terganggu, hormon aldosterone pun menjadi rendah.

Padahal, hormon aldosterone yang membantu regulasi level cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ketika produksi aldosterone menurun, hal ini dapat menstimulasi dehidrasi dan kurangnya elektrolit.

5. Menyusui

Ibu yang sedang menyusui anak akan kehilangan cairan elektrolit melalui ASI yang ia produksi. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup. Anda harus lebih banyak mengonsumsi cairan daripada saat tidak menyusui.Sekarang Anda sudah tahu kebiasaan penyebab dehidrasi. Perlu diingat, jika tidak segera diatasi, dehidrasi bisa berujung pada kematian. Karena itu, selalu imbangi dengan asupan cairan yang cukup yaitu air putih minimal 8 gelas sehari.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar