Sukses

Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Nutrisi dalam buah semangka baik bagi ibu hamil, sehingga dapat menjadi camilan sehat selama kehamilan. Ini beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil.

Banyak orang mengatakan, ibu hamil perlu makan untuk dua orang, yaitu untuk ibu dan juga janin dalam kandungan. Meski hal ini tak sepenuhnya benar, saat hamil tubuh memang membutuhkan nutrisi tambahan untuk perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

Selain itu, ibu hamil membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena kebutuhan cairan meningkat hingga sekitar 350 ml. Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tersebut, ibu hamil bisa makan buah semangka. Mengapa?

Alasannya, buah semangka mengandung banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Yuk, kenali beragam manfaat semangka untuk ibu hamil berikut ini.

1 dari 3 halaman

Kandungan Semangka dan Manfaatnya bagi Ibu Hamil

Kandungan semangka beragam, mulai dari air, vitamin A, C, beta-karoten, likopen, zat besi, zink, dan lainnya. Masing-masing nutrisi dalam semangka dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil. Berikut penjelasannya:

  1. Air

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan air, serta hampir tidak mengandung lemak dan protein sama sekali. Karena itu, semangka dapat membantu menjaga tubuh ibu hamil tetap terhidrasi dengan baik karena mengandung lebih dari 90 persen air.

Makan semangka saat hamil akan membantu Anda mencukupi kebutuhan cairan. Hal itu penting selama kehamilan demi menjaga kuantitas dan kualitas air ketuban.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

  1. Kalium

Meski tak banyak mengandung makronutrien, semangka padat dengan mikronutrien yang juga penting untuk janin, salah satunya kalium.

Karena kandungannya ini, salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah dapat menguatkan persendian. Selain bagi ibu, kalium juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan dan pembentukan tulang janin.

Konsumsi kalium yang dianjurkan bagi ibu hamil mencapai hingga 4,700 mg per hari. Kekurangan kalium dapat menyebabkan terganggunya fungsi jantung dan kram atau kebas pada kaki.

  1. Vitamin C

Salah satu kandungan semangka adalah vitamin C. Pada ibu hamil, vitamin C cukup penting, baik bagi ibu maupun janin. Manfaatnya, antara lain:

  • Membantu perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.
  • Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin.
  • Membantu penyerapan zat besi yang merupakan mikronutrien penting lainnya pada kehamilan.
  1. Zat Besi

Tubuh ibu hamil akan menggunakan zat besi untuk memproduksi lebih banyak sel darah dalam meningkatkan angka hemoglobin. Hemoglobin penting untuk memastikan oksigen dari paru-paru terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh, terutama kepada janin.

Artikel Lainnya: 8 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang makan semangka dapat meminimalkan risiko anemia akibat kurangnya zat besi. Perlu diketahui bahwa anemia bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau bayi terlahir dengan berat yang kurang.

  1. Likopen

Salah satu keunggulan buah semangka adalah warnanya yang merah akibat tingginya kandungan antioksidan bernama likopen. Manfaat semangka untuk ibu hamil yang satu ini dapat memberikan asupan likopen saat hamil.

Likopen pada tubuh ibu hamil berperan dalam membentuk beta-karoten yang akan diubah menjadi Vitamin A. Likopen juga  membantu mencegah terjadinya preeklampsia serta IUGR, atau gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan.

2 dari 3 halaman

Tips Memilih dan Menyajikan Semangka

Agar manfaat semangka untuk ibu hamil dapat diperoleh secara maksimal, tentu penting untuk memilih semangka dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, ikuti tips memilih semangka berikut ini:

  • Pastikan Semangka Memiliki Pola Jaring Berwarna Cokelat

Umumnya, semangka yang daging buahnya manis akan memiliki pola seperti jaring yang lebih luas dan pekat pada kulitnya. Ini didapat akibat proses penyerbukan oleh lebah. Jika penyerbukan ini semakin banyak, buah semangka akan semakin manis rasanya.

Artikel Lainnya: 5 Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil

  • Pilih Semangka yang Memiliki Garis Hijau Gelap

Tips memilih semangka yang satu ini juga perlu diperhatikan. Pilihlah semangka yang memiliki garis hijau gelap pada kulitnya. Garis hijau gelap dan terkesan kusam merupakan tanda semangka telah matang.

Semakin tajam dan gelap garisnya, biasanya daging buah semangkanya juga akan lebih manis.

  • Hindari Memilih Semangka dengan Bercak Putih

Hindari memilih semangka yang memiliki bercak putih pada kulitnya. Bercak putih ini kerap mengindikasikan bahwa buah semangka belum sepenuhnya matang sehingga akan terasa lebih hambar atau masam.

Nah, selain memilih semangka berkualitas baik, Anda juga perlu menyajikannya secara baik pula.

Buah semangka dapat dimakan segar sebagai buah potong atau dijus dan diminum bersama ampasnya. Sebagai variasi, Anda juga dapat menyajikan buah semangka sebagai salah satu komponen salad buah bersama gandum dan biji-bijian.

Itulah beragam manfaat semangka untuk ibu hamil. Semua nutrisi yang terdapat dalam semangka tidak hanya baik untuk ibu hamil, tetapi juga bermanfaat bagi sistem otak, saraf, dan kekebalan janin. Namun, jangan mengonsumsi semangka yang sudah dikupas cukup lama karena hal ini akan memicu mual dan gangguan lambung lainnya.

Jika memiliki pertanyaan seputar nutrisi untuk ibu hamil atau masalah kesehatan lainnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar