Sukses

Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok

Banyak cara sudah ditempuh untuk mengatasi rambut rontok, tapi tak kunjung berhasil? Tenang, coba dulu 6 bahan alami untuk mencegah rambut rontok ini.

Anda mungkin sudah coba berbagai cara untuk mencegah kerontokan. Mulai dari menggunakan sampo khusus hingga menjalani perawatan di salon. Namun sayang, usaha itu tak kunjung membuahkan hasil. Jangan keburu frustrasi! Coba dulu bahan alami untuk mencegah rambut rontok ini.

Rambut rontok—atau dalam medis disebut alopesia—merupakan kondisi umum yang terjadi pada semua orang. Itu sebabnya, kerontokan masih dianggap normal bila jumlah helai yang rontok tidak lebih dari 100 helai per hari.

Namun, kerontokan bisa menjadi masalah bila jumlah yang rontok lebih dari 100 helai per hari dan tak terkendali. Ini karena kondisi tersebut bisa jadi merupakan awal kebotakan.

Di lain sisi, rambut rontok dipicu oleh beragam hal, mulai dari kekurangan nutrisi vitamin, stres, hingga faktor usia.

Ada banyak untuk mengatasi rambut rontok, baik dengan bahan kimia maupun alami. Apabila saat ini masih ragu menggunakan bahan-bahan kimia, mengatasi rambut rontok secara alami dapat menjadi opsi.

Artikel lainnya: Menurut Dokter, Ini Penyebab Tersering Rambut Rontok

1 dari 2 halaman

Bahan Alami untuk Mencegah Rambut Rontok

Lantas, apa saja sih obat alami untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya untuk Anda. 

  1. Lidah Buaya

Meskipun belum bisa dibuktikan secara ilmiah, sejak dulu hingga kini, lidah buaya atau aloe vera dianggap berkhasiat menebalkan rambut secara alami. 

Lidah buaya juga mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mengoleskan lidah buaya pada kepala Anda dipercaya dapat membuat rambut lebih sehat. Selain itu, lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan penghitam rambut alami.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, Anda dapat mengoleskan lendir lidah buaya secara merata ke seluruh rambut sambil memijat kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

  1. Putih Telur

Mungkin masih banyak orang merasa jijik apabila mendengar perawatan dengan putih telur. 

Padahal, putih telur adalah bahan alami untuk mencegah rambut rontok. Kandungan protein yang terdapat di dalam putih telur dipercaya dapat membuat rambut lebih tebal.

Caranya, basahi rambut secara merata, kemudian oleskan putih telur, lalu diamkan sekitar satu jam. 

Setelah itu, bilas rambut hingga bau amis hilang. Jika tidak terbiasa dengan bau amis, campurlah dengan lidah buaya atau bahan alami lain.

Artikel lainnya: Rambut Rontok Terus? Jangan-jangan Anemia!

  1. Teh Hijau

Cara alami mencegah rambut rontok lainnya adalah menggunakan teh hijau. Ya, bahan herbal ini dipercaya mampu merevitalisasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau berfungsi untuk melancarkan peredaran darah menuju rambut, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Caranya, siramkan seduhan teh hijau ke seluruh bagian rambut secara merata. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tutuplah rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Minyak alami

Aneka minyak alami, seperti minyak kelapa atau minyak almon. Bahan alami untuk rambut rontok ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan akar rambut dan aliran darah ke folikel rambut.

Sementara itu, pemijatan selama beberapa menit setiap harinya mampu menstimulasi peredaran darah di kepala sehingga membuat folikel rambut tetap aktif.

Artikel lainnya: Ketahui Hubungan Dihidrotestosteron dan Kebotakan

  1. Minyak Zaitun

Zaitun dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Biasanya, aplikasikan minyak zaitun pada malam hari lalu bilas dengan air hangat di pagi harinya. 

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi kerusakan, kerontokan, serta mengurangi ketombe. Bahan alami untuk rambut rontok ini dipercaya dapat memperbaiki epitel-epitel sel kulit kepala yang rusak.

Cukup oleskan jeruk nipis di kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Selain itu, karena kerontokan juga disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan stres, cobalah untuk mengeliminasi pemicunya. 

Penuhi kebutuhan nutrisi Anda melalui asupan sehari-hari secara seimbang. Selain itu, kelola stres agar rambut rontok tidak terjadi berkepanjangan. 

Tidak ada salahnya untuk mencoba enam bahan alami untuk mencegah rambut rontok di atas. Selain murah dan caranya sederhana, bahan-bahan tersebut juga mudah ditemukan di rumah. Agar memperoleh hasil yang maksimal, terapkan di rambut Anda secara teratur.

Mau tahu cara lainnya untuk mengatasi masalah rambut rontok? Intip tipsnya di aplikasi KlikDokter!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar