Sukses

5 Cara Mudah Cegah Hipertensi di Rumah

Tidak repot, inilah cara mudah cegah hipertensi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Sebab penyakit ini bisa menyebabkan kondisi yang fatal bagi tubuh, termasuk serangan jantung.

Hipertensi termasuk dalam golongan penyakit ‘diam’, sebab tidak banyak keluhan yang muncul sebagai tanda dan gejalanya. Biasanya, penyakit ini baru diketahui saat Anda menjalani sebuah pemeriksaan dan pengukuran dengan alat pembaca tekanan darah.

Jika memiliki riwayat hipertensi, Anda perlu sesering mungkin memeriksa tekanan darah. Di samping itu, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, dan lebih selektif memilih makanan.

Berikut kiat sederhana untuk mengontrol, bahkan menghindari hipertensi yang dapat Anda coba di rumah:

1. Kurangi asupan sodium

Sodium banyak terkandung di dalam garam. Maka tak heran, garam sering disebut sebagai pencetus hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal itu dibuktikan oleh penelitian pada tahun 2011 dari British Medical Journal, yang menunjukkan bahwa ada hubungan langsung yang konsisten antara asupan garam dan tekanan darah.

Peneliti mengatakan bahwa dengan mengurangi 4,6 gram asupan garam per hari, tekanan darah di dalam tubuh Anda dapat menurun. Untuk itu, jika Anda memiliki hipertensi, lebih berhati-hatilah dalam memilih makanan. Dan sebisa mungkin batasi penggunaan sodium – termasuk garam – dalam makanan.

2. Rutin Berolahraga

Mengutip Mayo Clinic, olahraga yang dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah. Jika Anda mempertahankan waktu olahraga dan melakukannya secara konsisten, tekanan darah akan menurun 4-8 mmHg.

Jenis latihan terbaik untuk menurunkan tekanan darah, misalnya berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, menari, dan latihan kekuatan.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat membuat tubuh lebih sehat, dan menghindarkan Anda dari penyakit termasuk hipertensi.

Mayo Clinic menyebut, setiap batang rokok akan memberi efek buruk bagi kesehatan, termasuk meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok dapat membuat hidup Anda lebih berkualitas, dan tentunya dapat mengusir hipertensi.

4. Hindari stres

Stres kronis merupakan penyumbang terbesar dalam meningkatnya tekanan darah Anda. Kesehatan akan semakin terancam jika Anda melakukan hal-hal yang tidak sehat selama stres, seperti merokok dan minum alkohol.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengambil sejenak waktu untuk ‘menikmati’ stres Anda. Coba untuk mengingat kembali apa yang menjadi penyebabnya. Apakah masalah keluarga, pekerjaan atau mungkin keuangan. Setelah menemukan penyebab, cobalah untuk mencari solusi ketimbang hanya meratapi.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres adalah dengan selalu bersyukur atas hidup yang dimiliki. Anda juga dapat mencoba untuk berolahraga kala stres menyerang. Studi telah mengonfirmasi bahwa olahraga dapat membantu menekan stres.

5. Makan semangka

Dikutip dari dailymail, mengonsumsi semangka ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semangka dapat membantu mengontrol tekanan darah pada orang dengan obesitas.

Jangan anggap remeh hipertensi, karena kondisi ini merupakan cikal-bakal penyakit jantung, stroke, atau bahkan henti jantung mendadak. Lakukan pencegahan atau kendalikan tekanan darah Anda, agar kesehatan Anda selalu terjaga.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar