Sukses

Mengetahui Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia

Jangan sampai salah. Inilah panduan berat badan ideal anak sesuai usia.

Klikdokter.com, Jakarta Berat badan ideal merupakan salah satu indikator pertumbuhan anak yang optimal. Karenanya, sangat penting bagi orangtua untuk selalu memantau perkembangan berat badan si Kecil dari masa ke masa.Berat badan anak sangat bergantung pada usia dan jenis kelaminnya.

Cara terbaik untuk mengetahui hal ini adalah dengan menggunakan kurva pertumbuhan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Secara sederhana, berikut panduan berat badan bayi satu tahun pertama kehidupannya:

  • 0-3 bulan

Di minggu pertama setelah kelahiran, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan hingga 10% dari berat lahirnya. Hal ini wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Di akhir minggu pertama, berat badan bayi akan kembali meningkat dan mencapai berat lahirnya kembali. Hingga usia 3 bulan, berat badan bayi akan bertambah sekitar 150-190 gram per minggunya.

  • 4-6 bulan

Di usia ini, kenaikan berat badan bayi berada di kisaran 90-127 gram per minggu. Pada masa ini pula bayi mulai menunjukkan tanda kesiapan mengonsumsi makanan padat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bayi mulai mengonsumsi makanan padat pendamping ASI (MPASI) mulai usia 6 bulan.

  • 7-9 bulan

Jangan kira karena anak sudah mulai makan maka berat badan bayi akan melonjak. Nyatanya, masa pengenalan MPASI bisa menyebabkan bayi mengalami penurunan berat badan. 

"Hal ini wajar, karena bayi masih dalam masa adaptasi. Setelah bayi terbiasa dengan makanan padat, berat badannya akan naik sebanyak 50-80 gram per minggu," kata dr. Sepri.

  • 10-12 bulan

Pada masa ini, berat badan bayi tidak lagi terlalu banyak bertambah. Hal ini karena perkembangan motoriknya yang semakin pesat membuat si Kecil makin aktif bergerak sehingga kalori yang keluar juga lebih banyak. Anda tak perlu khawatir, karena asupan makanan yang baik akan menjaga beratnya tetap ideal.

Biasanya, pada saat anak mencapai usia 12 bulan atau 1 tahun, berat badannya akan mencapai tiga kali lipat dari berat saat lahir. Namun, kondisi ini juga sesuai dengan nutrisi dan kesehatan anak. Untuk itu, Anda harus selalu memantau perkembangan tubuhnya.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar