Sukses

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh Anda

Wortel dikenal baik bagi kesehatan mata. Namun ternyata, sayuran ini juga memiliki manfaat sehat lainnya bagi tubuh Anda.

Sudah banyak yang tahu manfaat wortel bagi kesehatan mata. Namun, tahukah Anda bahwa sayuran yang berwarna oranye ini juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan organ lainnya? 

Wortel adalah jenis sayuran akar yang diklaim menjadi makanan yang sempurna untuk kesehatan. Sayuran ini renyah, gurih, dan bergizi tinggi. Lalu, apa saja manfaat wortel? Berikut daftarnya:

1 dari 5 halaman

1. Kaya akan Nutrisi

Wortel mengandung berbagai jenis zat nutrisi. Dalam 100 gram wortel, terkandung:

  • Kalori 41 kalori
  • Air 88 persen
  • Protein 0,9 gram 
  • Karbohidrat 9,6 gram 
  • Gula 4,7 gram
  • Serat 2,8 gram
  • Lemak 0,2 gram

Selain itu, wortel mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti:

  • Vitamin A, B, C, E, K
  • Beta-karoten
  • Alfa-karoten
  • Lutein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zat besi, dan yang lainnya.

Artikel Lainnya:  Manfaat Terbaik MPASI Wortel untuk Kesehatan si Kecil

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel yang satu ini telah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Memang benar bahwa wortel adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Sebab wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata.

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit mata, seperti katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

2 dari 5 halaman

3. Menurunkan Kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itulah yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut.

Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap hari dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi. Hasilnya, para peserta benar-benar telah mengalami penurunan kadar kolesterol.

4. Baik bagi Penderita Diabetes

Tahukah Anda bahwa manfaat wortel dapat dirasakan penderita diabetes? Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa.

Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan GI berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang. Nah, makanan berindeks glikemik rendah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes.

Artikel Lainnya: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Wortel?

3 dari 5 halaman

5. Mencegah Konstipasi

Selain serat larut, wortel juga mengandung serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin. 

Kandungan tersebut menjadikan manfaat wortel berguna untuk menurunkan risiko konstipasi dan membantu memperlancar buang air besar.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan dalam wortel juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker paru-paru. Manfaat wortel ini diperoleh dari tingginya kandungan beta-karoten dalam wortel. Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker.

Mengutip penelitian, beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut hingga kanker payudara.

4 dari 5 halaman

7. Baik untuk Otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak manusia bisa mengalami penurunan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kemerosotan otak hingga tiga kali lebih tinggi.

Penelitian itu pun menemukan, otak memerlukan perlindungan untuk menghindari penyakit jangka panjang, termasuk pikun. 

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Wortel untuk Kulit Anda

Nah, manfaat wortel bagi kesehatan otak disebut-sebut mampu memberikan perlindungan terhadap kinerjanya, meskipun usia Anda bertambah. Manfaat wortel ini diperoleh dari kandungan beta-karoten di dalamnya. 

Seorang peneliti dari Harvard University mengamati pria yang setiap hari mengonsumsi 50 mg suplemen dengan kandungan beta-karoten. Hasilnya, pria tersebut dapat menghindari kemerosotan otak hingga satu sampai satu setengah tahun ketimbang orang yang tidak mengonsumsi beta-karoten sama sekali.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wortel merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, biotin, vitamin K1, Kalium, dan vitamin B6. Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Karena itulah tidak heran apabila manfaat wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Beta-karoten nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain membantu meningkatkan penglihatan yang baik, berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh.

Demikian beberapa manfaat wortel bagi kesehatan Anda. Sayuran ini memang kaya manfaat karena mengandung nutrisi yang melimpah. 

Mengetahui pentingnya mengonsumsi wortel, mulailah masukkan sayuran ini ke dalam menu harian Anda. Konsumsilah wortel secukupnya dan jangan lupa kombinasikan dengan sumber makanan lainnya. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar