Diet dan Nutrisi

20 Manfaat Melimpah Wortel untuk Kesehatan

Aprinda, 15 Jul 2023

Ditinjau oleh dr. Valda Garcia

Terkenal khasiatnya untuk mata, wortel ternyata menyimpan beragam kegunaan lain. Apa saja manfaat wortel? Simak selengkapnya di sini.

20 Manfaat Melimpah Wortel untuk Kesehatan

Wortel jadi salah satu sayur yang populer akan gizinya yang tinggi. Sedari kecil, para orangtua sudah mengenalkan wortel dalam menu MPASI buah hatinya karena nutrisinya bisa mendukung pertumbuhan.

Selain sebagai MPASI, wortel banyak ditemukan pada menu masakan, seperti sayur berkuah, tumisan, isian martabak, dibuat jus, smoothies, bahkan dinikmati langsung.

Berikut berbagai manfaat wortel untuk kesehatan berdasarkan kandungan nutrisinya:

1. Kaya akan Nutrisi

Wortel memiliki kandungan berbagai jenis zat gizi. Menurut Panganku dari Kemenkes, kalori wortel mentah yaitu setara dengan 36 kalori. Berikut kandungan dan nutrisi yang ada di 100 gram wortel mentah.

  • Air: 89.9 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0.6 gram
  • Kalsium: 45 mg
  • Fosfor: 74 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Kalium: 245 mg
  • Natrium: 70 mg
  • Tembaga: 0.006 mg
  • Zink: 0.3 mg
  • Beta-Karoten: 3,784 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0.04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0.04 mg
  • Niasin (Vit. B3): 1.0 mg
  • Vitamin C: 18 mg

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel yang satu ini memang benar terbukti. Pasalnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata.

Di samping itu, kandungan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan bisa melawan stres oksidatif yang mungkin merusak sel-sel mata. Rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi mata dari penyakit katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

3. Memperkuat Tulang

Selanjutnya, manfaat dari wortel adalah memperkuat tulang. Kandungan di dalam wortel yang tinggi kalsium dan vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang.

Vitamin K dan kalsium mendukung pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Manfaat makan wortel ini dapat melindungi kamu dari patah tulang atau pengeroposan tulang alias osteoporosis.

4. Menurunkan Kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan wortel ini yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

Perlu kamu ketahui, bahwa tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun membran sel pada tubuh. Hanya saja, jumlahnya tidaklah banyak.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Selain kolesterol, konsumsi wortel juga memiliki khasiat dalam mengontrol tekanan darah. Manfaat wortel ini didapat dari kandungan kalium di dalamnya.

Jadi, kalium menyeimbangan kadar natrium dalam tubuh sehingga bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Buat kamu yang punya tekanan darah tinggi kamu bisa makan wortel mentah atau jus wortel agar mendapatkan manfaatnya!

mitos seputar jantung

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat wortel dalam menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol ternyata berdampak baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat minum jus wortel atau makan wortel mentah ini semakin optimal dengan adanya likopen. Senyawa antioksidan ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan melawan stres oksidatif pada sel-sel jantung.

7. Bantu Mengendalikan Berat Badan

Jika kamu sedang menurunkan berat badan, wortel jadi sayuran yang tepat untuk diet. Sayuran ini mengandung serat yang bisa membuat perutmu kenyang lebih lama. Apalagi per 100 gram wortel hanya mengandung 36 kalori.

Manfaat dari konsumsi wortel ini adalah kunci untuk menekan keinginan ngemil yang sering kali jadi penyebab kenaikan berat badan tidak terkontrol.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa.

Kandungan gulanya ini tidak membuat gula darah melonjak tinggi dengan cepat sehingga lebih aman dikonsumsi ketimbang makanan manis.

Tidak seperti kue kering, wortel memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Jika kamu ingin menjaga kadar gula darah tetap normal, konsumsi wortel bisa jadi salah satu langkahnya.

9. Baik bagi Penderita Diabetes

Pengidap diabetes perlu mengendalikan gula darahnya di angka normal. Caranya, dengan menjaga pola makan dan berhati-hati dalam memilih makanan.

Wortel mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan GI berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang. 

Makanan berindeks glikemik rendah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes.

10. Mencegah Konstipasi

Selain serat larut, wortel juga mengandung serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Kandungan tersebut menjadikan manfaat wortel berguna untuk menurunkan risiko sembelit. Ini karena serat menjaga tekstur feses tetap lunak dan membuat kamu BAB lebih rutin setiap harinya.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Sembelit yang Patut Dicoba

Pilihan Obat Untuk Mengatasi Sembelit

11. Menurunkan Risiko Kanker

Konsumsi makanan yang kaya antioksidan secara rutin dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Ini karena antioksidan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel dan memicu sel menjadi abnormal. 

Salah satu antioksidan pada wortel yang dianggap mampu mencegah kanker adalah beta karoten. 

12. Menyehatkan Otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak bisa mengalami penurunan. Namun penurunan fungsi otak ini bisa diperlambat prosesnya dengan mengonsumsi makanan kaya beta karoten, seperti wortel.

Sayuran wortel baik untuk kesehatan otak karena mengandung beta karoten. Beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan dapat mencegah kerusakan maupun peradangan pada sel-sel otak.

13. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu fungsi wortel adalah sebagai sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, biotin, vitamin K1, kalium, dan vitamin B6.

Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Karena itulah tidak heran apabila manfaat wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Beta-karoten nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain membantu meningkatkan penglihatan yang baik, berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh.

14. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat tidak cuma mencegah sembelit, tapi juga menjadi makanan untuk bakteri baik yang ada di usus. Bakteri baik di usus dapat mengatur kekebalan dan mencerna makanan.

Jika keseimbangan bakteri di usus terjaga, tentu akan membuat sistem pencernaanmu selalu sehat

15. Menjaga Tampilan Kulit Tetap Sehat

Menjaga kesehatan kulit tidak cuma dengan menjaga kebersihan kulit dan menggunakan produk perawatan kulit. Kamu juga perlu menutrisi kulit dengan makanan yang sehat.

Tahukah kamu bahwa ada banyak khasiat dan manfaat wortel untuk wajah? Wortel menjadi salah makanan yang memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Adanya karotenoid bisa membuat tampilan wajah jadi lebih berseri dan awet muda.

Artikel Lainnya: Kulit Tetap Sehat di Usia 35 ke Atas, Ini Rahasianya!

Manfaat Collagen untuk Kulit

16. Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi makanan yang mengandung karotenoid dapat meningkatkan jumlah sperma. Sementara, untuk makanan yang mengandung likopen baik untuk morfologi sperma.

Jadi, dapat disimpulkan makanan yang kaya antioksidan karotenoid maupun likopen dapat meningkatkan kesuburan dengan menjaga kualitas dan kuantitas sperma.

Nah, wortel menjadi salah satu contoh makanan yang kaya akan kedua antioksidan tersebut.

17. Mendukung Kehamilan

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan dirinya, tapi juga bayi dalam kandungannya.

Wortel merupakan satu dari banyak pilihan sayuran sehat untuk ibu hamil. Pasalnya, wortel kaya akan vitamin C.

Tercukupinya nutrisi ini dari konsumsi wortel dapat memberikan manfaat berupa pencegahan anemia pada ibu hamil. Ini karena vitamin C membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

18. Mengoptimalkan Fungsi Saraf

Saraf kamu membutuhkan vitamin B kompleks dan berbagai mineral untuk dapat bekerja dengan baik. Wortel menyediakan nutrisi yang kamu butuhkan ini.

Saraf yang sehat dapat membantu tubuh kamu menerima sinyal dan memberikan respons pada sesuatu. Misalnya, mengangkat tangan secepat mungkin ketika menyentuh benda panas.

Tanpa bantuan saraf, kamu tidak bisa merasakan panas dan mencegah panas melukai kulit.

19. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis mengarah pada masalah kesehatan yang terjadi selama bertahun-tahun. Contoh penyakit kronis yang umumnya menyerang adalah kanker, diabetes, radang sendi, dan penyakit jantung.

Konsumsi buah dan sayur, seperti wortel setiap harinya bisa membantu menurunkan risiko penyakit tersebut. Ini karena wortel mengandung serat, vitamin, dan mineral yang menyehatkan tubuh.

20. Mencegah Kerontokan

Rambut rontok menjadi keluhan umum pria dan wanita. Pada kondisi parah, kondisi ini bisa menyebabkan kebotakan.

Untungnya, kamu bisa mencegah kerontokan lebih parah dengan mengonsumsi makanan kaya beta karoten. Ya, antioksidan ini bisa menjadikan akar rambut lebih kuat dan kulit kepala lebih sehat.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh sangat melimpah, bukan? Kamu bisa menyesuaikan apakah mau mengonsumsi wortel dengan cara dibuat jus, dimasak, atau mentah sekalipun. Yang terpenting manfaat jus wortel atau manfaat wortel mentah, sama-sama bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

Ingin mendapat informasi lebih banyak mengenai manfaat makanan yang ada di sekitarmu? Download aplikasi KlikDokter untuk dapatkan informasi seputar #JagaSehatmu. Kamu juga bisa mencoba layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter!


WortelSayurManfaat wortel

Konsultasi Dokter Terkait