Sukses

Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Otak

Kondisi kesehatan dapat memengaruhi perkembangan otak Anda. Ini cara agar kesehatan otak Anda tetap terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Jangan biarkan kesehatan otak Anda menurun meski usia makin bertambah. Otak adalah salah satu organ tubuh yang vital. Untuk menjaganya tetap prima, Anda harus tetap aktif dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

American Heart Association (AHA) dan American Stroke Association mengeluarkan sebuah anjuran untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat, karena hal ini juga berpengaruh pada kesehatan otak.

Anjuran-anjuran itu adalah mengelola tekanan darah, mengendalikan kolesterol, menjaga kadar gula darah tetap normal, rutin aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang sehat, mengatur berat badan, dan tidak merokok.

Meski lebih disarankan untuk memperbaiki kesehatan jantung, para periset yang melakukan peninjauan ulang terhadap studi ilmiah itu mengungkapkan bahwa beberapa anjuran itu ternyata baik untuk menjaga kesehatan otak.

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal AHA, otak yang sehat adalah otak yang mampu memecahkan masalah, membuat keputusan, dan kemampuan mengatur emosi. Otak yang sehat membuat arteri pada jantung tidak menyempit sehingga Anda terhindar dari gagal jantung dan masalah-masalah kesehatan yang bisa terjadi pada masa kanak-kanak.

Selain itu, ketika Anda mengendalikan faktor risiko kardiovaskular, di samping mengurangi risiko stroke dan serangan jantung berarti Anda juga membantu mengasah kemampuan kognisi.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan otak, Harvard Medical School menyarankan Anda untuk terus belajar, menggunakan semua indra, percaya pada diri sendiri, ulangi apa yang sudah dipelajari, dan meluangkan waktu untuk mempelajari informasi yang rumit.

Menurut World Health Organization, menjaga kesehatan otak adalah sesuatu yang sangat penting, mengingat saat ini sekitar 47 juta orang menderita Alzheimer dan demensia. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2050.

Kesimpulannya, menjaga kesehatan tubuh ternyata bisa berdampak terhadap kesehatan otak juga. Dengan kesehatan otak yang baik, tentunya segala aktivitas dapat dilakukan dengan lancar.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar