Sukses

Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

Benarkah memutihkan gigi menggunakan stroberi justru menyebabkan gigi ngilu?

Klikdokter.com, Jakarta Minat masyarakat terhadap perawatan pemutihan gigi (dental bleaching) terus meningkat. Alasannya karena tingkat keberhasilan yang tinggi dan efek samping yang minim. Namun biaya yang tinggi membuat banyak orang mencari alternatif, salah satunya yaitu memutihkan gigi menggunakan stroberi.

Stroberi mengandung asam malat dan asam elagat. Asam tersebut dikatakan mampu berperan sebagai oksidator yang memecah molekul noda yang menyebabkan gigi tampak gelap. Jadi, jika menggosokkan stroberi pada permukaan gigi, maka hal tersebut dianggap akan memberikan efek putih dan cerah.

Dari sisi penelitian, sebenarnya memutihkan gigi menggunakan stroberi masih menjadi perdebatan. Suatu penelitian menyatakan bahwa gigi yang direndam di dalam jus stroberi menjadi lebih putih.

Namun hal tersebut tidak sejalan dengan hasil dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Operative Dentistry 2015. Penelitian ini mengungkapkan bahwa jika dibandingkan dengan pemutih lain yang ada di pasaran, stroberi tidak efektif sebagai bahan pemutih gigi.

Penelitian ini juga menyatakan bahwa memutihkan gigi menggunakan stroberi kemungkinan bukan karena kandungan asamnya, melainkan karena kadar pH dalam stroberi. Kadar pH dalam stroberi dilaporkan berada di kisaran 3.7.

Kadar pH yang rendah ini mempermudah pengikisan email gigi serta kotoran-kotoran yang berakumulasi di permukaan gigi. Inilah yang memberi kesan gigi menjadi lebih putih.

Fakta lain yang lebih mengejutkan dari penelitian ini yaitu pengikisan tersebut dapat memicu timbulnya sensitivitas pada gigi. Tanda gigi sensitif yaitu muncul rasa ngilu jika gigi terkena rangsangan. Besar kemungkinan, hal ini terjadi pada orang yang memutihkan gigi menggunakan stroberi secara berlebihan.

Karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati bila memutihkan gigi menggunakan cara alami karena menimbulkan efek samping, seperti gigi ngilu. Sebelum melakukannya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar