Gigi Mulut

Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

drg. Callista Argentina, 26 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Memutihkan gigi dengan stroberi dipercaya bisa membuat gigi terasa ngilu. Benarkah demikian?

Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

Ada beragam informasi seputar cara memutihkan gigi di rumah dengan bahan alami. Dulu, lemon dikatakan dapat memutihkan gigi. Kini, buah stroberi pun dipercaya memiliki manfaat serupa pada gigi.

Memutihkan gigi dengan buah stroberi dianggap cukup efektif. Karena itu, tak sedikit orang yang melakukannya demi mendapatkan gigi bersih dan cerah. Biasanya, orang-orang mencampurkan buah stroberi dengan soda kue (baking soda). 

Cara memutihkan gigi dengan buah stroberi dan baking soda, yaitu dengan membersihkan dan menghaluskan buah tersebut, lalu dicampurkan dengan soda kue. 

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada gigi. Tak lupa sikat perlahan dengan sikat gigi, lalu bilas dengan berkumur. Setelah itu, lakukan sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

Namun ternyata, apabila dilakukan secara berlebihan, memutihkan gigi dengan stroberi bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gigi ngilu, lho!

Kenapa Stroberi Menyebabkan Ngilu?

Stroberi mengandung asam elagat dan asam sitrat yang di dalamnya terkandung asam malat. Asam elagat dalam stroberi dipercaya memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi.

Sementara, asam malat dapat menyebabkan erosi gigi karena keasamannya. Pada beberapa penelitian, hal ini terjadi karena asam malat mengikat kalsium pada gigi.

Kondisi tersebut menyebabkan enamel gigi lama-kelamaan akan larut, sehingga terjadilah erosi gigi dan gigi keropos.

Artikel Lainnya: Pemutihan Gigi dengan Laser, Apakah Efektif?

Jika Anda terlalu sering makan stroberi, maka akan mengakibatkan menurunnya pH di dalam mulut sehingga membuat kondisi enamel gigi rapuh dan rusak. Hal inilah yang mencetuskan gigi ngilu bila Anda menggunakan stroberi sebagai pemutih gigi.

Selain itu, tak sedikit orang yang memutihkan gigi dengan stroberi dan tambahan baking soda. Cara ini diklaim dapat mengatasi perubahan warna gigi berkat asam elagat dan asam malat dari stroberi. Sementara, soda kue akan menghilangkan noda.

Namun, dalam pertemuan American Association for Dental Research di Tampa, Florida tahun 2012, dibuktikan bahwa campuran tersebut tidak terbukti dapat memutihkan gigi.

Memutihkan gigi dengan stroberi dan soda kue dianggap memiliki efek kurang maksimal untuk memutihkan enamel gigi, bahkan dapat menyebabkan kerusakan. Pada akhirnya, kekerasan permukaan enamel gigi berkurang.

Lama-kelamaan, kondisi tersebut akan menyebabkan erosi gigi, membuat gigi keropos, dan berujung pada gigi ngilu.

Artikel Lainnya: Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

Memutihkan gigi dengan stroberi sah-sah saja. Tapi cara tersebut terbukti tidak efektif. Sebab, tidak terdapat kandungan hidrogen peroksida atau karbamid peroksida pada campuran tersebut.

Untuk itu, jika mau memutihkan gigi dengan efektif, tindakan yang bisa dilakukan perlu melibatkan dokter gigi. Perawatan untuk memutihkan gigi adalah bleaching gigi.

Bleaching gigi memiliki hasil yang dapat terlihat dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi hidrogen peroksida yang lebih besar di dalam produk. 

Dokter gigi biasanya juga menggunakan cahaya saat mengaplikasikan produk pemutih ke gigi untuk mempercepat prosesnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan home bleaching, tindakan memutihkan gigi di rumah dengan menggunakan tray yang dibuat khusus di dokter gigi. Kendati demikian, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama.

Walaupun pemutihan gigi dianggap aman, tetapi gigi bisa menjadi lebih sensitif setelah perawatan. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi Anda sebelum melakukan perawatan pemutihan gigi. 

Bila ingin konsultasi dengan dokter seputar cara memutihkan gigi, pakai fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

stroberiGigimemutihkan gigi

Konsultasi Dokter Terkait