Sukses

Toksoplasmosis, Ancaman dari Kucing bagi Wanita Hamil

Anda sedang hamil dan berkeinginan untuk memelihara kucing? Waspadalah, cek dulu faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kucing merupakan hewan peliharaan, yang jinak dan tidak terlalu mengganggu. Namun belakangan, hewan ini dituding bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan wanita hamil.

Kucing dikatakan berbahaya bagi wanita hamil karena menjadi sumber utama penyebaran penyakit toksoplasmosis. Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit berukuran sangat kecil, yang disebut toxoplasma gondii.

Toksoplasmosis ditularkan saat Anda mengonsumsi makanan yang terinfeksi atau yang sebelumnya pernah berkontak dengan kotoran kucing. Karena disebabkan oleh parasit, maka itu penyakit ini dapat memengaruhi kesehatan saluran cerna, termasuk mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus, jantung, saraf, maupun kulit.

Toksoplasmosis sering tidak diikuti dengan tanda dan gejala yang khas. Namun pada sebagian kasus, orang yang terkena penyakit ini mengalami gejala mirip flu pada umumnya.

Toksoplasmosis pada Wanita Hamil

Infeksi toksoplasmosis pada tahap awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kematian janin. Sedangkan pada bayi yang dapat bertahan hidup, toksoplasmosis dapat menyebabkan kondisi di bawah ini:

  • Kejang
  • Pembesaran limpa pada hati
  • Mata dan kulit kuning
  • Infeksi mata yang parah
  • Berkurangnya kualitas pendengaran
  • Gangguan psikotik.

Kucing memang dapat menyebabkan toksoplasmosis. Namun bukan berarti Anda tidak boleh memelihara hewan ini saat hamil. Anda hanya perlu rutin menjaga kebersihan diri, kebersihan kucing serta kandangnya. Selain itu, pastikan pula makanan yang Anda konsumsi dimasak hingga benar-benar matang.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar