Sukses

Kiat Traveling Bebas Nyeri Otot

Bagi pencintatraveling, nyeri otot adalah hal terakhir yang diinginkan. Adakah kiat bebas nyeri otot saat traveling?

Klikdokter.com, Jakarta Anda hobi traveling tapi sering mengalami nyeri otot selama perjalanan? Bila ya, percayalah Anda tak sendiri.

Satu dari tiga traveler mengalami kaku dan nyeri otot setiap kali melakukan perjalanan. Meski tampak sepele, nyeri otot tetap dapat mengganggu aktivitas Anda selama traveling.

Sebenarnya, nyeri otot tidak perlu terjadi bila Anda melakukan beberapa hal berikut ini sebelum dan saat traveling:

  • Sebelum memulai traveling, cobalah untuk beristirahat yang cukup. Salah satu penyebab tersering dari nyeri otot adalah kurangnya istirahat. Selain itu, pastikan kondisi tubuh Anda sehat. Bila Anda memiliki penyakit atau alergi tertentu, bawalah obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi.

  • Hindari membawa barang terlalu banyak dan berat. Sebaiknya Anda hanya membawa barang yang benar-benar dipakai dan penting. Gunakan koper dengan roda atau ransel untuk mempermudah Anda membawa barang.

  • Saat Anda harus memindahkan atau mengangkat barang, lakukan dengan gerakan yang benar yaitu dengan menekuk lutut terlebih dahulu. Jangan membungkuk saat akan mengangkat barang karena berisiko menimbulkan cedera di tulang belakang Anda.

  • Atur posisi duduk Anda. Duduklah dengan tegak, menghadap ke depan, dan bersandar di sandaran kursi Anda. Hindari posisi membungkuk atau miring. Usahakan agar kaki Anda dapat diluruskan.

Beberapa ahli kesehatan tulang belakang menyarankan penggunaan bantal kecil di belakang pinggang dan leher untuk meminimalkan pegal dan nyeri otot di daerah tersebut.

  • Bergeraklah. Jangan berada dalam posisi diam lebih dari 2 jam. Jika Anda traveling dengan pesawat, berjalanlah di sekitar tempat duduk Anda. Bila Anda menggunakan mobil, beristirahat selama 5 menit dapat membantu untuk meregangkan otot-otot.

  • Pastikan asupan cairan Anda cukup. Sebagian besar penggemar traveling mengatakan minum air dapat mengurangi kaku dan nyeri otot. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari nyeri otot.

Bila diperlukan, Anda juga dapat membawa obat pereda nyeri seperti Panadol Extra. Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan demam. Obat berbasis parasetamol ini sangat aman untuk segala usia. Selain itu, Panadol dapat dikonsumsi untuk penderita gangguan lambung, jika diminum sesuai dosis dan aturan pakai.

Kini Anda dapat traveling dengan nyaman dan bebas dari nyeri otot ataupun pegal-pegal. Selamat menikmati perjalanan Anda!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar