Sukses

Bangun Tidur, Pilih Minum Air Hangat atau Air Dingin?

Salah satu waktu terbaik untuk minum air adalah saat bangun tidur di pagi hari. Tapi, mana yang lebih baik, minum air hangat atau air dingin

Klikdokter.com, Jakarta Air adalah salah satu komponen penting bagi tubuh. Lebih dari 50% tubuh kita terdiri dari air. Berbagai proses metabolisme dalam tubuh pun memerlukan air di dalamnya. Beberapa orang menyukai minum air dingin di pagi hari, sementara sebagian lainnya lebih memilih air hangat. Tapi mana yang lebih baik?

Tubuh berada dalam kondisi dehidrasi saat bangun tidur, sekalipun Anda minum air putih cukup di hari sebelumnya. Karena tanpa disadari Anda telah kehilangan cairan sepanjang malam atau yang disebut insensible water loss.

Pakar kesehatan menyebutkan minum air hangat lebih baik di pagi hari setelah bangun tidur. Bila Anda minum air yang suhunya berbeda ekstrem dengan suhu tubuh, yaitu 36,50-37,50C maka tubuh akan bekerja ekstra untuk melakukan metabolisme. Selain itu, minum air hangat dapat membantu mempersiapkan saluran cerna di pagi hari dan mengeluarkan racun dari tubuh.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Minum air dingin disebut-sebut dapat mengurangi berat badan. Itu sebabnya dalam beberapa cara diet disebutkan untuk minum air dingin setengah jam sebelum makan. Air dingin memang dapat membantu membakar kalori, tetapi jumlah kalori yang dibakar bila Anda minum air dingin sepanjang hari terbilang sedikit, yaitu kurang dari 100 kkal. Sehingga, minum air dingin saja tidak cukup untuk membakar banyak kalori dan menurunkan berat badan.

Sementara itu, minum air hangat rupanya mendatangkan banyak manfaat, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Membersihkan saluran cernaAir hangat dapat membantu pengeluaran feses dan zat sisa metabolisme lain dari tubuh.
  2. Membantu mengurangi nyeriAir hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri di tubuh karena melebarkan pembuluh darah. Itu sebabnya wanita haid dianjurkan sering minum air hangat untuk mengurangi nyeri perut. Nyeri kepala juga dapat berkurang dengan konsumsi air hangat.
  3. Mengatasi konstipasiBila Anda mengalami konstipasi atau sulit buang air besar, air hangat bisa menjadi solusinya. Air hangat dapat melancarkan gerak usus, sehingga buang air besar pun bisa lebih teratur.

Terlepas dari pilihan antara minum air dingin atau air hangat, yang terpenting adalah Anda harus minum cukup air. Pastikan selalu minum 2-3 liter air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar