Sukses

Ureter dan Uretra, Apa Bedanya?

Ureter dan uretra merupakan bagian dari saluran kemih. Di mana letak perbedaannya?

Klikdokter.com, Jakarta Kedua kata ureter dan uretra hampir serupa. Meskipun sama-sama menjadi bagian dari saluran kemih, namun masing-masing mempunyai peranan yang berbeda di dalam tubuh.

Ureter adalah suatu saluran yang membawa urin dari organ ginjal menuju kandung kemih. Sedangkan uretra adalah saluran yang membawa urin dari kandung kemih menuju luar tubuh. Berikut ini adalah perbedaan keduanya:

1 dari 3 halaman

Ureter

Ureter terdri dari 2 saluran yang terletak di sisi kanan dan kiri tubuh. Pada saluran ureter terdapat beberapa area yang menyempit dan merupakan lokasi batu ginjal sering menetap. Fungsi ureter adalah membawa hasil penyaringan ginjal menuju kandung kemih. Saluran ini tidak dapat dilihat secara langsung karena terdapat di dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Uretra

Uretra merupakan saluran yang menghubungkan kandung kemih ke luar tubuh. Saluran ini dapat dilihat secara langsung karena berujung ke luar tubuh. Lokasinya berbeda di antara pria dan wanita. Uretra berbentuk lubang kecil, yang pada wanita terletak di atas lubang vagina, sedangkan pada pria berada di dalam, dekat dengan pangkal penis.

Pada wanita, uretra hanya berperan sebagai saluran pembuangan urin saja. Namun, pada pria saluran uretra berperan sebagai saluran pengeluaran air mani.

Meskipun mempunyai peranan berbeda, saluran ureter dan uretra ini mempunyai tujuan yang sama, yakni membuang sisa metabolisme dari dalam tubuh menuju ke luar tubuh.

Nah, sekarang Anda sudah bisa melihat perbedaan ureter dan uretra . Jagalah kesehatan keduanya, agar tubuh Anda bisa membuang sisa metabolism dari dalam tubuh dengan maksimal.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar