Sukses

Ureter dan Uretra, Apa Bedanya?

Ureter dan uretra merupakan dua organ yang menjadi bagian dari saluran kemih manusia. Cek perbedaan fungsi ureter dan uretra lewat fakta medis berikut ini!

Terdapat dua organ yang berperan penting dalam fungsi berkemih manusia, yaitu ureter dan uretra.

Istilah ureter dan uretra memang hampir serupa. Keduanya pun sama-sama menjadi bagian dari saluran kemih. Namun, ureter dan uretra memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Ureter adalah suatu saluran yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih. Sementara itu, uretra adalah saluran yang membawa urine dari kandung kemih menuju luar tubuh.

Cari tahu perbedaan ureter dan uretra lewat ulasan di bawah ini.

artikel lainnya: Tips ke Toilet Umum saat Kena Infeksi Saluran Kemih

Ureter

Ureter adalah saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Fungsi ureter adalah membawa hasil penyaringan ginjal menuju kandung kemih. Saluran ini tidak dapat dilihat secara langsung, karena terdapat di dalam tubuh.

Manusia memiliki dua ginjal yang masing-masing terletak di sebelah kiri dan kanan tubuh. Letaknya berdekatan dengan otot punggung.

Masing-masing ginjal memiliki ureter. Oleh karena itu, manusia pada umumnya memiliki ureter bagian kiri dan kanan. Panjang saluran tersebut kurang lebih 25–30 sentimeter.

Ureter merupakan saluran berdiameter kecil, sekitar 3–4 milimeter. Hal ini tidak menimbulkan masalah, karena fungsi utamanya adalah mengalirkan air seni.

Karena berdiameter kecil, fungsi ureter dapat mengalami gangguan. Contohnya adalah pada saat adanya batu saluran kemih.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan sumbatan, khususnya jika batu berukuran lebih besar daripada diameter ureter.

Pada saluran ureter terdapat pula beberapa area yang menyempit. Area tersebut merupakan lokasi batu saluran kemih dapat menetap.

Artikel Lainnya: Awas, Infeksi Saluran Kemih Bisa Bikin Pria Mandul!

Uretra

Uretra adalah saluran yang menghubungkan kandung kemih ke luar tubuh. Saluran ini juga tidak dapat dilihat secara langsung, kecuali pada ujungnya yang tampak sedikit dari luar tubuh.

Saluran uretra lebih besar dibandingkan ureter. Bagian ini memiliki diameter sekitar 6 milimeter. Karena alasan inilah, batu saluran kemih lebih jarang menyumbat uretra.

Terkait lokasi, terdapat perbedaan pada uretra pria dan wanita. Berikut penjelasannya:

  • Uretra Pria

Uretra pria berupa saluran sepanjang 20 sentimeter. Saluran ini berada di dalam penis, yang ujungnya dapat terlihat pada pangkal organ intim pria tersebut.

Uretra yang terdapat di dalam penis berfungsi untuk mengalirkan air seni yang tertampung di kandung kemih agar bisa keluar dari tubuh.

Selain itu, uretra pria juga berfungsi sebagai organ reproduksi. Saluran tersebut bertugas mengeluarkan air mani yang berisi sel sperma.

  • Uretra Wanita

Uretra wanita berukuran jauh lebih pendek dari pria, yakni hanya sekitar 4,8 centimeter.

Ujung uretra wanita berbentuk lubang kecil, yang terletak di atas lubang vagina. Pendeknya bagian ini membuat wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih.

Berbeda dengan pria, fungsi uretra pada wanita hanya sebagai saluran pembuangan urine saja.

Meskipun agak berbeda, saluran ureter  wanita dan pria sama-sama memiliki tujuan yang sama, yakni membuang sisa metabolisme dari dalam ke luar tubuh.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan ureter dan uretra, bukan? Jagalah kesehatan keduanya, agar tubuh Anda bisa membuang sisa metabolisme dengan optimal.

Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai ureter, uretra, atau bagian tubuh lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Kidney Stone Melbourne. Diakses 2022. Anatomy of the urinary system

Human Biology, Thompson Rivers University. Diakses 2022. Ureters, Urinary Bladder, and Urethra

0 Komentar

Belum ada komentar