Sukses

4 Cara Praktis Mengatasi Kecanduan Gula

Jangan sampai Anda terserang penyakit berbahaya gara-gara kecanduan gula. Atasi dengan 4 cara praktis berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang suka rasa manis. Karena itu, tidak sedikit orang yang mengaku bahwa dirinya kecanduan gula. Apakah Anda salah satunya?

Kecanduan gula atau sugar craving adalah salah satu bentuk adiksi yang terjadi pada otak karena konsumsi gula berlebih. Hal ini bisa memicu penurunan kinerja hormon leptin, yang fungsinya memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh masih memiliki cukup kalori.

Anda pasti tahu bahwa kecanduan gula merupakan cikal-bakal beberapa penyakit berbahaya, salah satunya diabetes mellitus. Nah, bagi Anda yang ingin terbebas dari kebiasaan kurang sehat ini, berikut 4 cara praktis yang bisa dicoba:

  1. Olahraga

    Konsumsi gula berlebih dapat menimbulkan mekanisme otak untuk menghasilkan hormon endorfin secara instan. Hal ini menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh.

    Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti mekanisme pembentukan endorfin, yaitu dengan berolahraga.

    Kegiatan sehat ini juga dapat mengalihkan perhatian dari konsumsi gula berlebih, dan dapat membantu tubuh menyerap gizi makanan lebih baik.

  2. Konsumsi camilan sehat

    Kacang-kacangan mentah, biji-bijian, dan buah-buahan kering dapat menjadi alternatif camilan yang baik untuk mencegah kecanduan gula. Camilan ini menawarkan protein, energi dan lemak nabati yang sangat baik bagi kesehatan Anda.

  3. Perbaiki pola makan

    Daripada mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan, lebih baik Anda mengonsumsi makanan kaya protein dan serat seperti gandum, buah, serta sayur.

    Selain sehat, makanan tersebut bisa Anda merasa kenyang lebih lama, sekaligus mencegah penurunan kadar gula darah secara berlebihan. Pada akhirnya, hal ini akan memperlambat tubuh untuk mengirim sinyal ‘perlu makanan manis’ ke otak.

  4. Alihkan fokus

    Hal-hal pemicu stres yang dapat mengganggu mood Anda bisa menjerumuskan Anda untuk mengonsumsi makanan manis berlebihan. Untuk mengatasinya, kenali pemicu stres, lalu hindarilah. Anda bisa melakukan kegiatan yang membuat relaks, seperti membaca buku, menonton film atau lainnya.

Nah, itulah 4 kiat praktis yang bisa Anda coba. Lakukan dengan konsisten dan dilandasi niat yang kuat, agar Anda bisa terbebas dari kecanduan gula dan sederet bahaya yang mengancam kesehatan Anda. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar