Sukses

6 Penyebab Utama Sakit Kepala Belakang

Lokasi sakit kepala ada bermacam-macam. Ada sakit kepala satu sisi, dua sisi, atau bisa juga sakit kepala bagian belakang.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala di bagian belakang memang lebih sering terjadi dibandingkan jenis sakit kepala lainnya. Sakit kepala bagian belakang biasanya bisa menjalar ke tengkuk atau leher.

Anda yang memiliki gejala sakit kepala belakang mungkin langsung menduga bahwa keluhan ini muncul karena kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Padahal penyebabnya tidak selalu kedua hal tersebut.

Sakit kepala bagian belakang bisa terjadi karena berbagai hal. Beberapa penyebab sakit kepala di bagian belakang adalah:

  1. Ketegangan dan kelelahan otot

    Duduk dengan satu posisi dalam waktu lama dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kepala. Peregangan otot dan mengubah posisi bisa mengurangi keluhan ini.

  2. Migrain

    Migrain biasanya ditandai dengan denyutan di kepala bagian belakang, bahkan dapat disertai mual dan muntah. Dengan mengurangi makanan tinggi Monosodium Glutamat (MSG) bisa mengurang keluhan migrain.

  3. Seks dan olahraga yang berlebihan

    Aktivitas seks dan olahraga yang berlebihan dapat memicu penyempitan pembuluh darah. Nah, penyempitan pembuluh darah dapat memicu nyeri kepala di bagian belakang.

  4. Neuralgia trigeminal

    Neuralgia trigeminal merupakan penyebab lain nyeri di sisi kanan bagian belakang kepala. Neuralgia trigeminal disebabkan oleh pembuluh darah yang menjepit saraf trigeminal, dan bisa mengakibatkan rasa sakit di wajah dan di bagian belakang kepala.

  5. Arteritis temporal

    Kerusakan dan pembengkakan pada arteri yang membawa darah ke kepala bisa mengakibatkan rasa sakit di bagian belakang kepala dan leher. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh melemahnya kekebalan tubuh karena penggunaan antibiotik.
  6. Tumor otak

    Nyeri tajam yang ditemukan secara khusus di sisi kiri bagian belakang kepala bisa disebabkan oleh tumor otak. Tumor di otak bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan otak dan saraf.

    Selain memicu sakit kepala, tumor otak juga dapat menyebabkan masalah penglihatan, kehilangan sensasi raba pada tangan dan kaki, gangguan pendengaran, dan sakit kepala disertai rasa tertekan berlebihan di tengkorak belakang.

Pada beberapa kasus, keluhan sakit kepala belakang sulit hilang. Bila hal ini yang terjadi, Panadol Extra dapat membantu meredakan sakit kepala.

Selain itu, Panadol Extra dapat membantu meredakan sakit gigi, sakit pada otot, nyeri yang mengganggu, serta menurunkan demam secara cepat dan efektif. Panadol Extra ramah bagi lambung jika diminum sesuai dosis dan aturan pakai. yang tercantum.

Nah, demikian tadi beberapa faktor penyebab sakit kepala belakang serta solusi untuk mengatasinya. Anda harus segera pergi ke dokter jika keluhan muncul terus-menerus.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar