Sukses

Olahraga Bela Diri Ini Bisa Menurunkan Berat Badan!

Tahukah Anda, olahraga bela diri ternyata lebih banyak membakar kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Olahraga bela diri memberikan banyak manfaat kesehatan. Secara mental, bela diri dapat meningkatkan disiplin, stabilitas mental, dan kepercayaan diri. Sementara, secara fisik, olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, koordinasi, dan keseimbangan secara keseluruhan.

Karena manfaat bela diri bagi kesehatan cukup beragam, tak jarang olahraga ini dijadikan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Tujuan ini tidak salah, karena ternyata bela diri dapat membakar banyak kalori, lho.

Menurut penelitian, Anda dapat membakar sekitar 300-400 kalori per kali latihan selama 30 menit. Namun, tetap tergantung dari jenis bela diri dan intensitas yang Anda lakukan. 

Nah, berikut beberapa olahraga bela diri yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan:

1 dari 6 halaman

1. Mixed Martial Arts (MMA)

MMA merupakan olahraga full-contact yang melibatkan pukulan, tendangan, kuncian, dan bantingan. Selain itu, olahraga untuk menurunkan berat badan ini mengombinasikan berbagai aliran bela diri, yakni karate, tinju, taekwondo, kung fu, muay Thai, dan juga silat.

Artikel Lainnya: Awas, Mixed Martial Arts Berisiko Tinggi Cedera Kepala!

Olahraga MMA membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa karena latihan yang diberikan cukup banyak dan berat. Selain itu, bela diri ini juga melibatkan seluruh anggota tubuh.

Karena itu, tak heran apabila jumlah kalori yang dibakar dalam satu jam sesi latihan MMA hampir sekitar 900-1000 kalori.

2. Muay Thai

Olahraga bela diri muay Thai berasal dari negeri Thailand. Bela diri ini melibatkan pukulan, sikut, tendangan, dan bantingan.

Selain membakar kalori, manfaat bela diri ini bagi kesehatan adalah mampu menghancurkan lemak yang membandel di area perut dan area paha. Dalam satu jam sesi latihan muay Thai, kalori yang terbakar adalah sekitar 650-750 kalori.

2 dari 6 halaman

3. Boxing (Tinju)

Berbeda dengan MMA dan muay Thai, bela diri tinju hanya melibatkan pukulan saja. Namun, bukan berarti kalori yang dibakar tidak sebanyak MMA dan muay Thai. 

Bela diri tinju melibatkan banyak gerakan menghindar yang dilakukan oleh kepala, bahu, dan pinggang. Nah, gerakan-gerakan tinju tersebut bila dilakukan dalam satu jam dapat membakar sekitar 600-800 kalori. 

4. Judo

Perbedaan utama judo dari seni bela diri lain adalah kurangnya gerakan menyerang. Olahraga bela diri judo dibuat berdasarkan moral pertahanan diri. Bagi Anda yang suka gerakan menyerang, seperti pukulan dan tendangan, mungkin judo tidak akan terlalu Anda sukai.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Bela Diri untuk Anak

Namun, bagi yang ingin menekankan pembelajaran bela diri, Anda dapat memperoleh banyak manfaat dari judo. Selain itu, judo dapat dijadikan sebagai olahraga bela diri untuk menurunkan berat badan. Bahkan, pemain judo dapat membakar sekitar 820 kalori per jam.

3 dari 6 halaman

5. Capoeira

Bela diri ini membuat seluruh tubuh bergerak sehingga dapat dijadikan pilihan bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Capoeira adalah perpaduan antara berdansa dan berkelahi. Jadi, tidak heran jika gerakan yang dipelajari cukup sulit.

Gerakan yang dilakukan, meliputi gerakan bergerak cepat, akrobat, membuat serangan, bahkan membanting. Latihan selama satu jam diperkirakan dapat membakar sebanyak 500 kalori.

6. Taekwondo 

Taekwondo mulai diperkenalkan di Amerika pada tahun 1960 dan menjadi bela diri populer. Karena itu, salah satu olahraga bela diri untuk menurunkan berat badan ini sudah memiliki banyak kompetisi.

Taekwondo juga termasuk di dalam Olimpiade (ajang olahraga internasional yang diadakan setiap empat tahun). Jadi, bagi yang suka persaingan, Anda dapat mencoba berlatih bela diri taekwondo. Kalori yang dibakar dari olahraga bela diri ini kira-kira sebanyak 752 kalori per jam. 

4 dari 6 halaman

7. Tai Chi

Tai chi adalah seni bela diri yang dapat membantu meredakan stres. Mayo Clinic bahkan merekomendasikan latihan ini untuk hampir semua orang, sampai lansia sekalipun.

Artikel Lainnya: Benarkah Olahraga Tai Chi Bisa Redakan Nyeri?

Manfaat bela diri ini bagi kesehatan, yakni dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas. Ada pula beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tai chi dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, berlatih tai chi secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa sekelompok orang dewasa yang berlatih tai chi lima kali seminggu selama 45 menit mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kg pada bulan keempat tanpa melakukan perubahan pola hidup yang lain. 

8. Brazilian Jiu-Jitsu

Brazilian jiu-jitsu adalah jenis bela diri yang menggerakan keseluruhan tubuh dengan menggunakan teknik memukul, menendang, dan melempar. Latihan selama satu jam olahraga Brazilian jiu-jitsu dapat membakar 470-670 kalori. 

5 dari 6 halaman

9. Gulat

Meskipun tidak membakar kalori sebanyak bela diri lainnya, gulat dapat dijadikan pilihan lain untuk mengurangi timbangan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School memaparkan, jumlah kalori yang dibakar akan berbeda setiap orang. Perbedaan dapat terlihat dari rincian berikut:

  • Seorang pegulat dengan berat badan 56,6 kg akan membakar 180 kalori dalam 30 menit.
  • Apabila berat Anda 70 kg, kalori yang terbakar adalah sekitar 223 kalori dalam 30 menit.
  • Apabila berat Anda 84 kg, kalori yang terbakar bisa mencapai 266 kalori dalam 30 menit.

10. Karate 

Karate baik bagi yang ingin membangun kekuatan otot lengan dan koordinasi. Bela diri ini juga lebih cocok untuk orang yang senang memberikan tantangan kepada diri sendiri.

Karena melibatkan banyak gerakan tubuh bagian atas, karate dapat menjadi olahraga bela diri untuk menurunkan berat badan. Setengah jam latihan bela diri ini dapat membakar sekitar 300-900 kalori. 

Cukup banyak, bukan, bela diri yang bisa Anda pilih? Jika dibandingkan dengan berlari dan senam, olahraga bela diri ternyata mampu membakar kalori hampir tiga kali lipat lebih banyak. 

Selain menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi diri dari tindakan kriminal. Tertarik untuk mencoba?

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar