Sukses

Kaki Anak Sering Pegal? Awas Flat Feet

Flat feet atau telapak kaki yang datar kerap tidak terdeteksi bila terjadi pada anak.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah anak Anda sering mengeluhkan kakinya sakit atau pegal ketika berjalan? Bila ya, bisa jadi penyebabnya adalah flat feet atau kaki datar.

Flat feet merupakan suatu kelainan pada telapak kaki, dimana seharusnya telapak kaki berbentuk sedikit melengkung. Pada kelainan ini, lengkungan di telapak kaki cenderung lebih datar.

Mendeteksi Flat Feet pada Anak

Anak di bawah 5 tahun yang menderita flat feet umumnya minta digendong terus-menerus, tanpa mengeluhkan sakit atau pegal pada kakinya. Sedangkan pada anak usia 5 tahun ke atas, mereka biasanya mengeluhkan rasa sakit atau pegal di bagian telapak kakinya.

Rasa sakit tersebut adalah akibat dari ketidakstabilan mekanik kaki ketika menapak atau menerima beban. Akibatnya, beban yang diterima otot dan tulang menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat diperberat dengan keadaan berat badan berlebih atau obesitas.

Selain nyeri, gejala flat feet pada anak-anak juga meliputi:

  • Tumit tampak miring keluar
  • Gaya berjalan yang tidak biasa
  • Sulit memilih sepatu yang nyaman
  • Mudah lelah saat berpartisipasi dalam kegiatan olahraga/ aktivitas fisik

Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua anak dengan flat feet mengalami gejala yang berarti.

Untuk mendiagnosis flat feet, pemeriksaan kaki, melihat gaya berjalan, serta melihat bentuk kaki waktu anak sewaktu berdiri sangat diperlukan. Dokter biasanya juga akan mengevaluasi bagian kaki lainnya, dan mencari tahu gangguan-gangguan lain yang berhubungan.

Peneliti mengatakan bahwa flat feet merupakan awal masalah kaki saat anak menginjak usia dewasa. Selain itu, nyeri atau rasa pegal yang terus-menerus juga dapat membuat anak menjadi frustasi dan tidak dapat beraktivitas dengan bebas.

Oleh karena itu, jika Anda mencurigai anak mengalami flat feet, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Semakin dini diketahui, kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar