Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGinjal dan Saluran KemihJus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal
Ginjal dan Saluran Kemih

Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 29 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya menyegarkan, jus buah ini juga bisa membantu menghancurkan batu ginjal yang masih kecil. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi karena terbentuknya endapan pada organ ginjal. Jika masih kecil, batu ginjal biasanya tidak bergejala. Gejalanya baru terasa ketika batu sudah berukuran besar, seperti nyeri perut dan buang air kecil berdarah.

Menjaga kecukupan cairan tubuh merupakan langkah penting untuk mencegah timbulnya batu ginjal. Tak hanya itu, minum air yang cukup dapat memperlancar aliran pada saluran kemih, terutama saat sudah terbentuk bebatuan kecil. 

Meskipun air putih saja sudah cukup, mengonsumsi jenis minuman sehat lainnya dapat berguna untuk kamu. Nah, salah satu minuman sehat yang mampu menghancurkan batu ginjal ukuran kecil adalah jus buah.

Jika kamu didiagnosis batu ginjal dan dokter belum menganjurkan untuk operasi, kamu bisa mencoba beberapa jus buah dan sayur untuk membantu menghancurkan batu ginjal. 

Berikut ini pilihan jus penghancur batu ginjal yang bisa kamu konsumsi: 

1. Jus Jeruk

Jus jeruk yang mengandung sitrat alami bagus untuk batu ginjal. Sitrat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi keasaman pada urine.

Perlu diketahui juga, jus jeruk merupakan buah sitrat yang paling ampuh untuk menghancurkan batu ginjal dibandingkan buah sitrat lainnya, seperti lemon. Akan lebih baik jika tanpa tambahan gula. 

Artikel Lainnya: Deretan Penyebab Batu Ginjal yang Jarang Diketahui 

2. Jus Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, cuka apel juga bisa mengurangi nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal. 

Kamu dapat minum cuka apel sekali dalam sehari. Untuk mengonsumsinya, tambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air sebanyak 250 ml.

Meski terkesan sedikit, jangan mengonsumsi jus cuka apel lebih dari dosis tersebut. Konsumsi cuka apel secara berlebih dapat mengurangi kadar potasium dalam tubuh, serta memicu osteoporosis.

Bagi penderita diabetes, perhatikan kadar gula darah saat kamu mengonsumsi cuka apel. Konsumsi cuka apel juga tidak disarankan bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat golongan digoxin, diuretik, dan insulin.

3. Jus Seledri

Salah satu jus penghancur batu ginjal yang bisa kamu coba adalah jus seledri. Jus ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan dapat membantu batu ginjal dibawa keluar melalui urine. 

Untuk mengonsumsi jus seledri, campurkan 1 atau lebih batang seledri ke dalam air. Kamu dapat mengonsumsi satu gelas jus seledri sehari.

Hindari minum jus seledri apabila kamu memiliki gangguan pembekuan darah, tekanan darah rendah, serta operasi yang dijadwalkan dalam waktu dekat. Begitu pula jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, seperti levotiroksin, lithium, serta alprazolam.

Artikel Lainnya: Pilihan Obat Batu Ginjal Rekomendasi Dokter

4. Jus Delima

Sejak beberapa abad, jus buah delima telah digunakan untuk meningkatkan fungsi ginjal. 

Jus buah ini bagus untuk penderita batu ginjal, karena dapat menurunkan kadar keasaman urine sehingga bisa menghancurkan batu ginjal maupun mencegah terbentuknya batu ginjal.

Belum ada batasan terkait seberapa banyak jus delima yang dapat dikonsumsi dalam sehari. Namun, hindari mengonsumsinya apabila kamu sedang menggunakan obat-obatan seperti chlorothiazide, serta obat penurun kolesterol seperti rosuvastatin.

5. Jus Wheatgrass

Manfaat wheatgrass untuk saluran kemih, yakni dapat meningkatkan aliran urine sehingga bisa membantu batu ginjal keluar. Itulah mengapa konsumsi jus wheatgrass baik untuk kesehatan ginjal.

Kamu dapat minum sebanyak 250 ml jus wheatgrass per harinya. Saat awal mula konsumsi, minum sebanyak 150 ml dahulu, kemudian tingkatkan perlahan hingga 250 ml per hari. 

Untuk mengurangi efek samping mual, minumlah ketika perut kamu tidak kosong. Apabila kamu tidak bisa mendapatkan wheatgrass alami, suplemen yang mengandung wheatgrass juga dapat menjadi pilihan.

6. Jus Daun Basil

Jus Daun Basil

Di dalam daun basil terdapat kandungan antioksidan dan antiperadangan. Karena itu, jus daun basil bisa berperan sebagai penghancur batu ginjal. 

Kamu dapat menggunakan daun basil yang dikeringkan maupun yang segar untuk membuat teh atau diminum beberapa gelas per hari. 

Ingat, jus basil tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lebih dari 6 minggu karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan risiko perdarahan.

Penting untuk diketahui bahwa upaya mengonsumsi jus buah-sayur hanya memperkecil risikonya saja. 

Karena pada dasarnya, pembentukan batu ginjal dipengaruhi banyak faktor, salah satunya pola makan. Jadi, kamu juga perlu menjaga pola makan agar tubuh senantiasa sehat.

Sebelum mengonsumsi jus penghancur batu ginjal di atas, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kecocokan dengan terapi yang sedang kamu jalani dan juga kondisi kesehatanmu. 

Jika kamu masih punya pertanyaan mengenai batu ginjal atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Mari, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

buahginjalJus BuahHari Buah Internasional

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter