Sukses

Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

Tidak hanya menyegarkan, berbagai jenis jus buah ini dapat membantu menghancurkan batu ginjal yang masih kecil.

Konsumsi cairan dalam jumlah cukup dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan memperlancar aliran pada saluran kemih, terutama saat sudah terbentuk bebatuan kecil.

Meskipun air putih saja sudah cukup, mengonsumsi jenis minuman sehat lainnya dapat berguna untuk Anda. Salah satu minuman sehat yang mampu menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil adalah jus buah.

 

1 dari 2 halaman

Jus Buah Apa Saja yang Bisa Menghancurkan Batu Ginjal?

Jika Anda didiagnosis menderita batu ginjal dan dokter belum menganjurkan untuk operasi, Anda bisa mencoba beberapa jus buah dan sayur di bawah ini untuk membantu menghancurkan batu ginjal:

1. Jus Jeruk

Jus jeruk yang mengandung sitrat dalam bentuk alami dapat menjadi salah satu jus penghancur batu ginjal. Sitrat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi keasaman pada urine.

Perlu diketahui juga, jus jeruk merupakan buah sitrat yang paling ampuh untuk menghancurkan batu ginjal dibandingkan buah sitrat lainnya, seperti lemon.

Artikel Lainnya: Ini 10 Manfaat Minum Jus bagi Kesehatan Anda

2. Jus Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, cuka apel juga membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

Anda dapat meminum cuka apel sekali dalam sehari. Untuk mengonsumsinya, tambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air sebanyak 250 ml.

Meski terkesan sedikit, jangan mengonsumsi jus cuka apel lebih dari dosis tersebut. Konsumsi cuka apel secara berlebih dapat mengurangi kadar potasium dalam tubuh, serta memicu osteoporosis.

Selain itu, bagi penderita diabetes, perhatikan kadar gula darah saat Anda mengonsumsi jus yang baik untuk kesehatan ginjal ini. Konsumsi cuka apel juga tidak disarankan bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat golongan digoxin, diuretik, dan insulin.

3. Jus Seledri

Jus seledri adalah salah satu jus penghancur batu ginjal. Jus ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan dapat membantu batu ginjal dibawa keluar melalui urine.

Untuk mengonsumsi jus seledri, campurkan 1 atau lebih batang seledri ke dalam air. Anda dapat mengonsumsi satu gelas jus seledri sehari.

Artikel Lainnya: Suka Minum Jus Seledri? Yuk, Baca Manfaatnya Disini!

Hindari minum jus seledri apabila Anda memiliki gangguan pembekuan darah, tekanan darah rendah, serta operasi yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

Begitu pula jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti levotiroksin, lithium, isotretinoin, serta alprazolam.

4. Jus Buah Delima

Sejak beberapa abad, jus buah delima telah digunakan untuk meningkatkan fungsi ginjal secara tradisional.

Jus yang baik untuk kesehatan ginjal ini dapat menurunkan kadar keasaman urine sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

Belum ada batasan yang direkomendasikan tentang seberapa banyak jus buah delima dapat dikonsumsi dalam sehari. Namun, hindari meminumnya apabila Anda menggunakan obat-obatan seperti chlorothiazide, serta obat penurun kolesterol seperti rosuvastatin.

5. Jus Wheatgrass

Manfaat wheatgrass untuk saluran kemih, yakni dapat meningkatkan aliran urine sehingga dapat membantu batu ginjal keluar. Itulah mengapa konsumsi jus wheatgrass baik untuk kesehatan ginjal.

Artikel Lainnya: 6 Kondisi yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Anda dapat minum sebanyak 250 ml jus wheatgrass per harinya. Saat awal mula konsumsi, minum sebanyak 150 ml dahulu, kemudian tingkatkan perlahan hingga 250 ml per hari.

Untuk mengurangi efek samping mual, minumlah ketika perut Anda tidak kosong. Apabila Anda tidak bisa mendapatkan wheatgrass alami, suplemen yang mengandung wheatgrass juga dapat menjadi pilihan.

6. Jus Semangka

Semangka dapat menjadi salah satu buah penghancur batu ginjal karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Potasium sendiri memiliki beragam manfaat yang baik untuk ginjal. Konsumsi jus semangka dapat membantu mengatur kadar asam dalam urine Anda.

7. Jus Daun Basil

Daun basil mengandung asam asetat yang dapat membantu memecah batu ginjal. Di dalam daun basil terdapat kandungan antioksidan dan antiperadangan sehingga jus basil dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Anda dapat menggunakan daun basil yang dikeringkan maupun yang segar untuk membuat teh atau diminum beberapa gelas per hari.

Ingat, jus basil tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lebih dari 6 minggu karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan risiko perdarahan.

Penting untuk diketahui bahwa upaya mengonsumsi jus buah-sayur hanya memperkecil risikonya saja. Karena pada dasarnya, pembentukan batu ginjal dipengaruhi banyak faktor, salah satunya pola makan. Jadi, Anda juga perlu menjaga pola makan agar tubuh senantiasa sehat.

Sebelum mengonsumsi jus penghancur batu ginjal, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai kecocokan dengan terapi yang sedang Anda jalani dan juga kondisi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar