Sukses

Menyingkap Manfaat Susu untuk Kecantikan

Tak hanya bagus untuk tulang, susu juga memiliki manfaat bagi kulit dan rambut Anda.

Kesehatan kulit sangat penting, khususnya bagi para wanita. Walaupun banyak produk skincare yang beredar, kecantikan dapat berasal dari apa yang kita konsumsi, lho. Misalnya, berbagai protein dan mikronutrien yang baik untuk kecantikan dapat ditemukan pada susu.

Manfaat susu untuk kecantikan sudah dibuktikan Cleopatra, sang Ratu Mesir. Konon, Cleopatra rutin mandi dengan susu dari hewan keledai yang dicampur minyak almon dan madu. Gunanya untuk menutrisi kulit dari dalam, sekaligus meremajakan kulit dan kecantikannya.

Khasiat susu memang bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara langsung ataupun mengoleskannya ke bagian tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat susu untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui:

1 dari 5 halaman

1. Mengatasi Kulit Kering

Kandungan nutrisi dalam susu, seperti vitamin B6, asam laktat, dan mineral dapat membantu melembapkan kulit. Anda bisa menggunakan susu secara langsung ke kulit untuk memperoleh khasiat yang satu ini.

Caranya adalah dengan mengoleskan susu ke wajah menggunakan kapas dan diamkan selama 15–20 menit. Setelah itu, cuci wajah Anda menggunakan air dingin.

Artikel Lainnya: Segera Hentikan! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Anda

2. Menenangkan Kulit

Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu dapat membuat permukaan kulit terlihat lembut sekaligus sehat.

Selain itu, khasiat susu untuk kecantikan salah satunya sebagai pereda nyeri pada jerawat yang sedang meradang.

3. Mengurangi Garis-Garis Halus dan Kerutan

Peptidoglycans dalam susu yang terdiri atas gula dan asam amino dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mencegah perubahan pigmen kulit.

Manfaat susu untuk kecantikan ini diperoleh dari kandungan enzim-enzim, mineral, dan vitamin dalam susu yang juga berkontribusi untuk menghilangkan kerutan wajah. Wajah pun akan tampak awet muda.

2 dari 5 halaman

4. Memperlambat Penuaan

Di masa modern, para peneliti mengungkap bahwa susu yang ditambahkan dalam produk perawatan wajah dapat memperlambat penuaan dan keriput pada kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Yoghurt untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat susu untuk kecantikan yang satu ini diperoleh dari kandungan vitamin A, C, E, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit dan penuaan akibat radikal bebas dari polusi dan makanan.

5. Menyeimbangkan Warna Kulit

Pigmentasi kulit dapat diatasi dengan mengoleskan susu ke wajah Anda. Kandungan asam laktatnya memiliki efek mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati. Gunakan selama tiga kali seminggu setelah mandi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Mencegah Rambut Rontok

Selain berkhasiat untuk kulit, manfaat susu untuk kecantikan juga dapat dirasakan rambut. Protein dalam susu dapat membantu membuat rambut menjadi tebal. Bila kekurangan protein, rambut menjadi tipis dan rapuh sehingga mudah rontok.

3 dari 5 halaman

7. Membersihkan Kulit Mati

Khasiat susu untuk kecantikan yang mungkin tidak semua orang ketahui adalah sebagai eksfoliator alami. Asam laktat yang terkonsentrasi tinggi pada susu meningkatkan pergantian sel sekaligus membersihkan kulit mati.

Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengatakan susu lebih baik ketimbang eksfoliator yang sudah ada. Jadi, tetap berhati-hati sebelum menggunakan susu sebagai pembersih kulit mati.

Artikel Lainnya: Awas, Makanan Ini Buruk untuk Kesehatan Rambut!

8. Mengatasi Kulit Kaki yang Pecah-Pecah

Susu dapat membantu mengatasi masalah kulit kaki yang pecah karena memiliki efek melembapkan. Anda bisa merendam kaki Anda dengan susu hangat sebanyak dua gelas yang ditambahkan dengan baking soda. Selain mengatasi pecah-pecah, kulit kaki Anda akan terasa lebih halus setelahnya.

9. Menjaga Kilau Kulit

Khasiat susu untuk kecantikan lainnya adalah mencerahkan kulit. Efek ini diberikan oleh kalsium yang tersimpan di lapisan kulit terluar, yaitu epidermis. Kalsium bertugas untuk meregulasi produksi sebum pada kulit sehingga kulit terhidrasi dan terlihat berkilau.

4 dari 5 halaman

10. Memelihara Kesehatan Kuku

Kuku manusia sebagian terdiri atas deposit kalsium. Untuk menjaga kesehatan kuku, diperlukan kadar kalsium yang cukup. Konsumsi susu secara rutin dapat membantu agar kadar kalsium dalam tubuh Anda optimal.

11. Membantu Penyerapan Mineral untuk Kesehatan Kulit

Kandungan susu berupa kasein secara tidak langsung menyehatkan kulit dengan membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium. Sebanyak 80 persen protein dalam susu mengandung kasein.

Seperti yang dijelaskan di atas, kalsium berkontribusi terhadap kulit yang cerah dan melindungi dari radiasi sinar UV dan berguna untuk kesehatan kuku.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat susu untuk kecantikan? Ternyata tidak hanya untuk diminum, susu juga dapat digunakan secara langsung ke kulit Anda. Namun, pastikan nutrisi harian lainnya tercukupi, karena kecantikan dimulai dari tubuh yang sehat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai topik ini? Konsultasikan secara langsung kepada dokter menggunakan layanan Live Chat 24 jam, atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar