Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiRelationship12 Ciri Pasangan Psikopat yang Harus Kamu Waspadai
Relationship

12 Ciri Pasangan Psikopat yang Harus Kamu Waspadai

Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, 01 Mar 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menjalani hubungan yang tidak sehat tentu akan memberi trauma tersendiri. Karena itu, kenali tanda-tanda pasangan psikopat berikut ini.

12 Ciri Pasangan Psikopat yang Harus Kamu Waspadai

Menjalani hubungan yang tidak sehat dapat berdampak pada kondisi psikologismu. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki wawasan dan kepekaan dalam memilih dan mengamati pasangan. 

Salah satu kepribadian atau latar belakang yang perlu dihindari adalah seseorang dengan gejala psikopat.

Psikopat adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki gangguan kepribadian. Gejala psikopat meliputi antisosial, tidak memiliki empati, temperamen yang sulit diprediksi, dan arogan. 

Seorang psikopat tidak dapat merasakan emosi yang tulus. Empati yang ditunjukkan oleh mereka hanya pura-pura dan hasil belajar dari respons orang lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah ciri pasangan psikopat yang perlu kamu ketahui:

1. Sangat Mudah Marah

5 Jurus Jitu untuk Hadapi Pasangan yang Mudah Marah (Olena-Yakobchuk/Shutterstock)

Seorang psikopat memiliki kesulitan dalam mengelola emosi dalam dirinya. Jika ada hal sederhana atau sepele yang tidak sesuai dengan keinginannya, maka akan membuat mereka marah besar. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengamati bagaimana pasanganmu mengelola amarahnya selama ini. Apakah ia termasuk orang yang berkepala dingin atau justru mudah berapi-api?

2. Sering Berbohong

Salah satu cara seorang psikopat menyelesaikan atau terbebas dari masalah adalah dengan sering berbohong. Hal ini diperparah dengan mereka berbohong kembali untuk menutupi kebohongan sebelumnya. 

Perhatikan bagaimana pasanganmu mengakui dan mempertanggungjawabkan kebohongan yang kamu ketahui. Jika ia malah semakin menjadi-jadi, bisa jadi pasanganmu seorang psikopat. 

Artikel Lainnya: Perbedaan Antara Psikopat Wanita dan Pria

3. Manipulatif

Selain sering berbohong, seorang psikopat juga terbiasa melakukan manipulasi terhadap keadaan atau kesalahan yang mereka lakukan. Mereka akan cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahan yang diperbuat. 

Tak hanya, mereka bisa membuat orang tersebut merasa bersalah dan meminta maaf kepadanya. Perilaku ini sering disebut sebagai gaslighting.

4. Impulsif

Tanda pasanganmu seorang psikopat adalah tidak memikirkan akibat dari perilaku buruk yang dilakukan. 

Berperilaku impulsif seperti melakukan sesuatu demi keinginannya pribadi tanpa memperhatikan atau mempertimbangkan kondisi orang lain.

5. Gampang Merasa Bosan

Terlepas dari banyaknya aktivitas yang dijalani, seorang psikopat mudah merasa bosan atas hidupnya. Hal ini yang mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang berisiko dan tidak memikirkan akibatnya.

Sebuah hipotesis mengatakan bahwa otak seorang psikopat tidak mudah terstimulasi daripada orang pada umumnya. Alhasil mereka perlu melakukan hal-hal yang sangat exciting untuk merasa normal. 

6. Tidak Memiliki Empati

Seorang pasangan yang psikopat punya ciri yang mudah dikenali, yakni tidak memiliki empati. Mereka selalu mengkritik, merasa paling benar, merespons kondisi atau masalah orang dengan cara yang tidak simpatik, dan lainnya.

Bahkan, mereka tidak merasa bersalah atas tindakan mereka yang menyakiti orang lain. Kemudian, hal ini juga membuat mereka sulit meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

7. Suka Melanggar Aturan

Awas, Bertengkar dengan Pasangan Bisa Picu Penyakit (Syda-Productions/Shutterstock)

Bagi psikopat, mereka tidak mempedulikan mana yang benar dan salah karena lebih menyukai hidup tanpa aturan. 

Oleh karena itu, sering kali mereka melanggar, berselisih, atau terjerat masalah hukum dan tetap meyakini jika pikiran mereka adalah benar tanpa merasa bersalah.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Hadapi Suami Temperamental

8. Pandai Merayu atau Membujuk

Untuk mendapatkan apa yang mereka mau, seorang psikopat cukup lihai untuk menyatakannya secara verbal. Mereka biasanya memiliki mulut yang manis. 

Kamu akan dibuatnya merasa kagum dan terpikat dengan pesona dan kebaikannya, agar tidak mencurigai motif di baliknya. Kamu perlu mewaspadai bila menemui hal ini dalam pasangan. 

9. Melanggar Privasi

Ciri lainnya dari pasangan psikopat adalah tidak segan mencari tahu dan memaksamu untuk memberikan informasi pribadi yang ingin mereka ketahui. 

Kemudian, memeriksa apa pun yang kamu lakukan dan miliki sehingga kamu merasa serba salah. Padahal, menghargai privasi masing-masing merupakan salah satu kunci hubungan yang sehat. 

10. Tidak Memenuhi Hak Pasangan

Seorang psikopat lebih suka memikirkan dirinya sendiri. Tak hanya itu, mereka kerap kali melanggar hak orang lain. 

Dalam menjalin hubungan, seorang psikopat ingin dipenuhi haknya tanpa mempertimbangkan hak pasangan dan kewajibannya sebagai pasangan.

11. Tidak Memiliki Rencana Masa Depan

Perlu diketahui, seorang psikopat biasanya memiliki keinginan untuk menjadi “besar”, seperti terkenal, kaya, dan disanjung-sanjung. 

Namun, mereka tidak mengetahui cara atau rencana yang tepat untuk mendapatkan tujuan tersebut. Ada keyakinan bahwa kesuksesan akan datang kepada diri sendiri tanpa perlu banyak berusaha.

12. Menyakiti Binatang

Ciri pasanganmu psikopat bisa dilihat dari perilaku agresifnya yang bisa melukai seseorang, bahkan binatang. 

Dalam hal ini, mereka cenderung menikmati atau nyaman ketika melihat atau menyakiti binatang dan menyaksikannya kesakitan. 

Artikel Lainnya: Berbagai Cara untuk Keluar dari Toxic Relationship

Itulah ciri-ciri pasangan psikopat yang perlu kamu tahu dan waspadai. Gejala psikopat termasuk dalam gangguan kepribadian antisosial, dan pada umumnya mereka tidak merasa bahwa memiliki gangguan tersebut. 

Jika kamu merasa pasanganmu memiliki tanda-tanda yang telah dijelaskan, kamu dapat bercerita dengan orang terdekat yang kamu percayai dan berkonsultasi dengan ahlinya seperti psikolog untuk menemukan titik terang. 

Untuk konsultasi secara online, kamu juga dapat menggunakan layanan Tanya Dokter. Terus #JagaSehatmu dengan menjaga kesehatan mental dan dapatkan informasi yang tepercaya bersama KlikDokter.

RelationshipPsikopat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter