Sukses

Pemanasan Sebelum Olahraga dapat Cegah Cedera Otot

Sebelum berolahraga, Anda selalu disarakankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mengapa hal tersebut penting?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga sudah terbukti baik untuk kesehatan. Namun, jika Anda tidak melakukan pemanasan yang tepat sebelumnya, ada risiko cedera otot yang mengintai.

Kenali Manfaatnya

Pemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga. Selain itu, aktivitas ini juga berguna untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda. Tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain dari pemanasan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mencegah cedera otot

    Cedera otot seringkali terjadi pada seorang yang berolahraga tanpa pemanasan yang tepat. Pemanasan dapat menyebabkan peningkatan suhu otot, sehingga otot menjadi lebih siap untuk digunakan saat berolahraga.

  2. Meningkatkan fleksibilitas

    Bila Anda melakukan pemanasan dengan baik, maka fleksibilitas otot juga dapat meningkat. Gerakan olahraga pun dapat dilakukan dengan lebih baik. Peningkatan suhu otot juga berpengaruh terhadap fleksibilitas otot ini.

  3. Meningkatkan kesiapan mental

    Dengan melakukan pemanasan, maka Anda akan mempersiapkan mental sebelum berolahraga. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap performa Anda ketika berolahraga.

Pemanasan yang Baik

Secara umum, pemanasan lebih baik difokuskan pada otot besar, seperti hamstring. Salah satu cara melakukan pemanasan adalah dengan melakukan jenis olahraga yang akan Anda lakukan –namun dalam ritme yang lebih ringan.

Pemanasan dapat menyebabkan tubuh mulai berkeringat, namun tidak akan membuat tubuh Anda kelelahan. Misalnya: Untuk lari cepat, Anda bisa melakukan pemanasan dengan berjalan cepat selama 10 menit

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai peregangan otot sebelum mulai olahraga. Ingat, ini adalah pemanasan. Jadi jangan melakukannya dengan berlebihan hingga Anda kelelahan.

Jadi, sudahkah Anda melakukan pemasan sebelum olahraga? Jangan lupa, pemanasan merupakan komponen penting dalam berolahraga. Lakukan dengan baik agar Anda terhindar dari cedera otot.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar