Sukses

Mengungkap Fakta di Balik Diet Kopi

Banyak yang percaya bahwa diet kopi benar-benar efektif menurunkan berat badan. Bagaimana faktanya dari sudut pandang medis?

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai metode diet banyak beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang populer belakangan ini adalah diet kopi. Efektif jenis diet yang satu ini untuk menurunkan berat badan?

Kopi merupakan minuman yang mengandung senyawa kafein. Senyawa ini bekerja menstimulasi sistem saraf pusat, dan memengaruhi kinerja otak (psikoaktif).

Kafein banyak ditemukan pada biji kopi dan tanaman lain, seperti kokoa (cokelat) dan daun teh. Beberapa efek kafein yang paling dikenal adalah bikin melek dan memperbaiki mood.

Bagaimana dengan ‘keyakinan’ tentang efektivitas kopi untuk menurunkan berat badan? Ternyata hal ini bukan sekadar omong kosong belaka. Dengan kata lain, kopi memang dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Terkait dengan penurunan berat badan, Anda harus berterima kasih pada kafein. Berikut beberapa manfaat kafein yang baik untuk tubuh Anda:

  1. Membantu proses penghancuran lemak (lipolisis)

    Penelitian membutikan bahwa kafein dapat menstimulasi sistem saraf simpatetik. Proses ini menghasilkan peningkatan oksidasi lemak, dan berujung pada penghancuran lemak.

  2. Meningkatkan metabolisme tubuh

    Dengan metabolisme tubuh yang meningkat, maka kalori yang dibakar juga akan lebih banyak. Tak hanya itu, metabolisme yang bertambah juga akan memicu terjadinya proses termogenesis. Proses ini membuat suhu tubuh meningkat, sehingga jumlah kalori yang terbakar juga lebih banyak.

  3. Meningkatkan energi

    Stimulasi sistem saraf simpatetik dapat meningkatkan kerja jantung dalam memompa darah dan detak jantung. Kedua hal ini membuat peredaran darah, terutama ke otak, menjadi lebih maksimal.

    Dengan peredaran darah yang meningkat, maka nutrisi dan oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh juga akan meningkat. Alhasil, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk beraktivitas.

    Meski bermanfaat membantu menurunkan berat badan, Anda harus tetap membatasi konsumsi kafein sehari-hari. Dosis kafein yang direkomendasikan adalah tidak melebihi 250–300 mg, atau sekitar 2–3 cangkir kopi dalam sehari.

Agar diet kopi memberikan hasil yang optimal, pastikan Anda juga berolahraga secara rutin dan teratur, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, tidak merokok ataupun minum alkohol.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar