Sukses

Hindari Makanan Ini Agar Tak Sering Kentut

Jangan konsumsi makanan ini jika tak ingin sering kentut.

Klikdokter.com, Jakarta Mengeluarkan gas alias kentut adalah hal yang wajar, sebab kentut merupakan bagian dari proses pencernaan dalam tubuh. Namun, apa jadinya jika kentut muncul terus-menerus tanpa mengenal waktu dan tempat?

Hal tersebut tentu membuat merasa malu, apalagi jika kentut mengeluarkan bunyi yang cukup kencang dan bau. Kentut biasanya berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi tubuh. Jika tidak ingin sering kentut, Anda harus menghindari lima makanan di bawah ini:

  1. Makanan yang tidak cocok di tubuh Anda

    Toleransi tubuh terhadap makanan biasanya berbeda antara orang satu dengan yang lainnya. Intoleransi makanan adalah hal yang tak boleh diabaikan, sebab selain menyebabkan perut kembung juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

    Misalnya, orang yang menderita intoleransi gandum tidak bisa mencerna gluten. Akibatnya mereka memiliki masalah pencernaan yang meliputi perut membesar dan kembung. Anda juga perlu memperhatikan makanan apa saja yang biasanya dapat menyebabkan gas berlebih.

    Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang memicu produksi gas berlebih. Kacang mengandung banyak rafinosa. Rafinosa melewati usus kecil ke usus besar tempat bakteri memecahnya, menghasilkan hidrogen, karbon dioksida, dan gas metana.

    Selain itu, seperti ditulis Healthline.com, ada sejumlah sayuran yang diketahui dapat meningkatkan produksi gas dalam tubuh, antara lain yaitu brokoli, kol, dan asparagus.

  2. Makanan bersodium

    Dikutip dari Liputan6com, makanan yang diproses oleh pabrik dan mengandung sodium yang tinggi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan perut. Sodium merupakan satu penyebab utama retensi cairan dalam tubuh, yang menyebabkan perut kembung dan meningkatkan keinginan untuk kentut.

  3. Minuman soda

    Soda diketahui memiliki nutrisi yang rendah dan mengandung zat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Soda dan minuman berkarbonasi lainnya pun berpotensi menambah jumlah udara yang tertelan ke dalam tubuh.

    Hal ini dapat menyebabkan Anda sering bersendawa, dan mungkin juga meningkatkan gas dalam tubuh yang siap dikeluarkan melalui kentut.

  4. Kebiasaan makan yang salah

    Kebiasaan makan yang salah ternyata dapat meningkatkan produksi gas dalam tubuh. Contohnya, makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda menelan udara tanpa sadar dan menyebabkan lebih mudah kentut.

Ya, beberapa makanan memang dapat menyebabkan produksi gas berlebih di dalam tubuh. Untuk mengurangi produksi gas agar tidak sering kentut, Anda dapat menyiasati dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman di atas.

Baca Artikel serupa di sini

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar