Sukses

Sederet Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh Anda

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, garam ternyata juga bisa diracik menjadi ramuan yang memberikan beragam manfaat. Inilah segudang khasiat air garam bagi kesehatan.

Garam, siapa yang tidak mengenalnya? Dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu benda berwarna putih yang memiliki rasa asin ini. 

Selain digunakan untuk menyedapkan makanan, garam ternyata bisa diolah menjadi ‘ramuan’ yang memberikan beragam manfaat sehat. Bahkan, khasiat garam bagi kesehatan telah terbukti lewat penelitian, lho!

1 dari 2 halaman

Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Berikut ini adalah ragam manfaat air garam untuk kesehatan tubuh Anda:

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat air garam yang pertama adalah membantu sistem pencernaan. Manfaat ini bisa didapatkan karena garam bisa membantu tubuh memproduksi enzim tertentu, yang bertugas membantu sistem pencernaan dalam melakukan tugasnya.

Air liur memproduksi enzim amilase. Hal ini biasa dikenal sebagai tahap awal proses pencernaan. Dalam tubuh, garam bisa memberikan stimulasi produksi asam klorida dan enzim yang memiliki kegunaan mengurai makanan.

Garam alami juga akan membantu merangsang enzim pencernaan berupa klorida dan protein di dalam perut. Kedua enzim tersebut baik bagi usus untuk membantu memecah makanan.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Air garam yang berasa asin ternyata memiliki kemampuan antibakteri. Jika Anda mengonsumsi air garam, efek yang ditimbulkannya adalah mengurangi racun dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh. 

Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa konsumsi air garam secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam.

Artikel Lainnya: Kumur Air Garam Efektif Atasi Radang Tenggorokan?

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Stres dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon tersebut berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengandalkan manfaat air garam. Hal ini karena garam mengandung mineral alami yang dapat membantu mengurangi hormon stres dan membuat sistem saraf menjadi lebih relaks.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bila tubuh memiliki banyak kandungan garam, maka nafsu makan akan berkurang. Hal inilah yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 

Dengan mengonsumsi segelas air garam secara rutin dan teratur, Anda bisa menjaga agar nafsu makan tetap terjaga. 

Jika dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat dan olahraga teratur, berat badan Anda bisa tetap terjaga di rentang ideal.

  1. Memperbaiki Kondisi Kulit

Air garam mengandung beberapa mineral, seperti seng, kromium, belerang, dan yodium. 

Berkat adanya kandungan tersebut, manfaat air garam yang bisa Anda rasakan adalah kondisi kulit yang lebih terjaga. 

Seng dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengatur kelenjar minyak. Sedangkan kromium membantu mengurangi kekeringan pada kulit kepala dan mengatasi infeksi kulit lainnya. 

Sulfur membantu membersihkan eksem dan ruam. Sementara itu, yodium membantu suplai oksigen dan meningkatkan metabolisme kulit.

Artikel Lainnya: Merendam Kaki dengan Air Garam Bisa Menghilangkan Lelah?

  1. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Terlalu banyak mengonsumsi air ternyata bisa membuat cairan luar sel menjadi lebih encer. Hal ini dapat mengakibatkan stres dan pelepasan hormon adrenalin dalam tubuh. 

Untuk membantu mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi air garam secara teratur. Dengan demikian, konsentrasi elektrolit di dalam tubuh bisa terjaga.

  1. Meredakan Sariawan

Khasiat air garam yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Ya, air garam dapat membantu meredakan sariawan di dalam mulut!

Fakta menyebut bahwa berekumur dengan air garam dapat meredakan rasa nyeri dan membantu mempercepat penyembuhan sariawan

Agar hasilnya lebih optimal, campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air, lalu berkumurlah 2-3 kali dalam sehari. 

  1. Mengurangi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Hal tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman, dan seperti ada yang mengganjal saat menelan. 

Sebagai solusi dari nyeri tenggorokan, Anda bisa berkumur menggunakan air garam secara berkala. 

Para dokter pun sering mengedukasi pasiennya untuk berkumur dengan air garam ketika menderita radang tenggorokan, lho!

Itulah beberapa manfaat air garam untuk tubuh. Apakah Anda tertarik untuk merasakan ragam manfaat air garam untuk kesehatan? Jika ya, tetap ingat untuk tidak berlebihan menggunakan atau mengonsumsi air garam.

Perlu diketahui bahwa konsumsi air garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, apalagi jika sedari awal Anda telah mengalami penyakit hipertensi.

Apabila Anda memang hanya ingin menikmati manfaat minum air garam tanpa terjadi efek samping merugikan, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk chatting langsung dengan dokter tanpa dipungut biaya.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar