Sukses

Perlukah Konsumsi Suplemen Tambahan Setiap Hari?

Suplemen dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tetap prima. Perlukah ini dilakukan setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Beragam suplemen dijual bebas di pasaran. Konsumen bebas memilih, berdasarkan kebutuhan masing-masing. Tak jarang, sebagian orang yang membutuhkan ‘energi’ tambahan mengonsumsi suplemen tersebut setiap hari.

Suplemen merupakan obat-obatan yang biasanya terdiri dari vitamin, mineral, enzim, asam amino, herbal, dan kandungan lainnya. Obat ini biasanya berbentuk pil, kapsul, tablet atau cair.

Meski dapat membantu memenuhi gizi harian, suplemen tetap tidak mampu dijadikan pengganti makanan. Ini karena suplemen tidak dapat menggantikan keseluruhan zat gizi dan keuntungan dari makanan utuh, seperti buah dan sayuran.

Anda boleh saja mengonsumsi suplemen, dengan syarat:

  • Dalam program hamil

    Wanita yang berencana untuk hamil membutuhkan 400 mcg asam folat per hari. Ini dapat diperoleh dari makanan yang mengandung folat atau suplemen.

  • Wanita hamil

    Wanita hamil perlu memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Selain dari makanan, gizi ini juga bisa didapatkan dari suplemen.

  • Lanjut usia

    Orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, atau suplemen B12.

  • Vegetarian

    Sebagian besar pelaku diet vegetarian, yang biasanya hanya makan sayur dan buah saja, memerlukan gizi tambahan dari suplemen. Begitu pula dengan mereka yang tidak dapat makan atau makan kurang dari 1600 kalori/hari.

  • Gangguan menstruasi

    Wanita yang mengalami perdarahan berlebih sewaktu menstruasi perlu memenuhi kebutuhan zat besi agar tidak terjadi komplikasi. Zat besi bisa ditemukan pada makanan, juga pada suplemen.

  • Kondisi medis

    Kondisi medis tertentu, seperti diare kronis, alergi makanan, intoleransi makanan atau penyakit hati, tubuh tidak mampu menyerap dan menggunakan gizi yang masuk dari makanan dengan baik. Kondisi seperti ini menuntut pasien untuk mengonsumsi suplemen.

Ingatlah bahwa suplemen tidak mampu mengganti gizi dan manfaat yang didapatkan dari makanan utuh. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi suplemen dengan bijak. Jika perlu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar