Sukses

5 Kebiasaan Buruk Pagi Hari yang Harus Dihilangkan

Beberapa kebiasaan buruk ini harus Anda tinggalkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Hati-hati, kebiasaan buruk yang tampaknya sepele sangat dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kadang orang sudah paham mengenai dampak akibat kebiasaan buruknya itu, tetapi tidak mengubahnya. Alasannya karena sudah terbiasa dan puas dengan comfort zone-nya.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan, khususnya yang sering dilakukan pada pagi hari.

  1. Mematikan alarm

    “Menekan tombol snooze sering menjadi pertanda bahwa Anda tidak cukup tidur," kata Dr. Robert Rosenberg, M.D., Direktur Medis di Sleep Disorders Center of Prescott Valley.

    Jam tidur yang tidak cukup dapat mengubah jam sirkardian di tubuh Anda. Oleh karena itu, atur alarm 20–30 menit sebelum waktu bangun Anda. Menurut penelitian, cara ini baik dilakukan untuk membuat seseorang lebih waspada dan terjaga.

  2. Mengecek telepon dari tempat tidur

    Sebuah penelitian dari University of British Columbia menemukan, orang-orang yang mengecek telepon mereka secara teratur sepanjang hari lebih stres daripada mereka yang memeriksanya tiga kali sehari.

    "Saat memeriksa telepon pagi-pagi sekali, Anda menstimulasi pikiran dengan email, teks, dan voicemail. Semua hal ini memberi tahu Anda apa yang harus Anda tanggapi atau atasi di hari itu," kata penelitian tersebut.

  3. Mandi air panas

    Mandi air panas di pagi yang dingin terasa seperti hadiah untuk menyambut pagi. Namun berhati-hatilah, mandi dengan air terlalu panas pada akhirnya akan menyebabkan masalah lain, terutama pada kulit.

    "Menggunakan shower dan bak mandi yang panas dapat membuat kulit kering, kulit sensitif hingga radang, kulit merah, dan gatal," kata Dr. Stacy Salob, M.D., seorang dermatolog di Cornell University Medical College and New Presbyterian Hospital.

    Sebaiknya mandi dengan air dingin saja. Selain menyegarkan, juga dapat mengaktifkan produksi hormon endorfin sehingga Anda jadi semangat beraktivitas.

  4. Menyikat gigi sesudah makan

    Menurut Dr. Michael Tischler, DDS, pemilik klinik dokter gigi Tischler Dental di New York, menyikat gigi sesudah makan, terutama setelah minum kopi atau makan buah, akan mendorong gula yang tersisa di mulut naik ke permukaan gigi. Akibatnya risiko gigi berlubang meningkat.

    Sikatlah gigi sebelum makan atau 30–60 menit sesudah makan. Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang menyikat gigi 30–60 menit sesudah minum kopi atau makan makanan manis, lebih rendah risikonya untuk kehilangan enamel gigi dibanding yang menyikat gigi 20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang sama.

  5. Menunda olahraga

    Menurut Dr. Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England, berolahraga setiap saat sepanjang hari lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

    "Ada penelitian yang mengamati orang-orang yang terlibat dalam olahraga pagi dan sore hari. Mereka yang berolahraga di pagi hari tampaknya memiliki tekanan darah dan kualitas tidur yang lebih baik," katanya.

Tak ada gunanya menyimpan kebiasaan buruk dalam hidup. Anda akan kesulitan untuk hidup lebih sehat, bahkan bisa menyusahkan orang-orang terdekat. Yuk, ubah kebiasaan Anda mulai sekarang!

Baca artikel serupa di sini 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar