Sukses

Makan Sebelum Tidur Ternyata Tak Bikin Gemuk

Makan sebelum tidur ternyata tidak mengakibatkan berat badan Anda naik. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang yang sengaja melewatkan makan malam untuk menghindari berat badan bertambah. Makan di malam hari memang dapat menyebabkan berat badan naik lantaran tubuh tidak melakukan aktivitas dan pada akhirnya membuat makanan berubah menjadi timbunan lemak.

Dikutip dari bintangcom, memaksakan tubuh terlelap dalam kondisi lapar bisa mengganggu tidur malam. Alih-alih tidur nyenyak, justru tidur dengan perut lapar berpotensi membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh memilih sembarang makanan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Jika tak ingin gemuk, pilihlah makanan yang banyak mengandung zat trytophan dan melatonin yang bisa membuat Anda cepat merasa ngantuk dan tak banyak memengaruhi berat badan Anda.

Menurut seorang pakar, Sammy Margo, mengatakan terdapat sederet buah-buahan yang dapat membantu Anda lebih cepat terlelap di malam hari berikut penjelasannya:

  1. Pisang

    Pisang biasa dipilih untuk ‘mengganjal’ perut yang terasa lapar meski belum memasuki jam makan. Pasalnya, pisang dianggap sebagai makanan yang dapat meningkatkan energi.

    Faktanya pisang kaya akan magnesium yang berperan untuk melemaskan otot dan memberi efek menenangkan. Selain itu, pisang mengandung serotin dan melatonin yang dapat membantu Anda lebih cepat terlelap.

  2. Kacang Almon

    Jenis kacang yang satu ini dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya sumber lemak yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kacang almon pun banyak mengandung triptofan dan magnesium.

    “Keduanya membantu mengurangi lelah otot dan saraf secara alami sekaligus juga meningkatkan ritme jantung Anda," kata Margo.

  3. Gandum

    Gandum bisa jadi satu alternatif camilan yang bisa Anda pilih saat merasa lapar di malam hari. Gandum memiliki fungsi layaknya makanan lain yang kaya akan vitamin, mineral dan asam amino. Kandungan tersebut mendorong melatonin dalam tubuh untuk merangsang rasa kantuk dan memudahkan Anda tidur. Selain itu, gandum pun mendorong produksi insulin dan secara alami meningkatkan gula darah.

  4. Madu

    Hanya dengan mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur cukup untuk merangsang pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin (yang membuat Anda selalu waspada dan terjaga). Sehingga Anda akan lebih mudah untuk tidur di malam hari.

Nah, kini Anda tak perlu lagi memaksakan tidur malam dengan perut yang lapar. Dengan memilih makanan di atas, Anda dapat makan sebelum tidur tanpa khawatir gemuk. Baca artikel lainnya di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar