Sukses

4 Camilan Ini Bisa Bikin Gigi Berlubang

Di balik manisnya, camilan ini perlu diwaspadai karena dapat membuat gigi berlubang.

Klikdokter.com, Jakarta Gigi berlubang merupakan satu jenis penyakit gigi yang paling banyak terjadi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya akibat salah memilih camilan. Jika Anda suka mengisi waktu luang dengan memakan camilan, hati-hati, empat camilan ini dapat membuat gigi Anda berlubang.

  1. Permen

    Permen yang manis dan bertekstur keras berpotensi membuat gigi Anda berlubang dan mengalami kerusakan lainnya. Menurut seorang ahli, dr. Bill Crutchfield, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat permen dapat menyerang gigi secara jahat.

    Hasilnya, Anda bisa saja mengalami kerusakan jika mengonsumsi permen dalam jumlah berlebihan. “Permen sangat buruk untuk gigi karena dikemas dengan gula. Gula tersebut dapat menyebabkan gigi rusak bahkan patah,” ujarnya.

  2. Buah Kering

    Mengonsumsi buah kering sebenarnya bermanfaat bagi tubuh. Sebab, jenis camilan ini berbahan dasar buah yang merupakan sumber serat dan mengandung banyak nutrisi. Namun, gula yang biasanya ditambahkan pada proses pengeringan buah dapat menyebabkan gigi berlubang.

    "Meski buah kering bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk dijadikan camilan daripada kue, buah kering masih mengandung gula yang akan masuk ke gigi Anda dan menyebabkan pembusukan,” catat Fountain of Youth Dental.

  3. Minuman Bersoda

    Banyak mengonsumsi jenis minuman yang memiliki pH di bawah 5,5 dapat membuat gigi berlubang. Misalnya, minuman bersoda (diet maupun reguler), minuman berkarbonasi, dan minuman berenergi.

    Dikutip dari liputan6.com, pada studi yang melibatkan 3.773 orang, para peneliti menemukan bahwa 79 persen di antaranya mengalami kerusakan gigi.

    Dari sampel penelitian tersebut, sebanyak 64 persen memiliki kerusakan gigi yang ringan, 10 persen memiliki kerusakan gigi yang sedang, 5 persen lagi mengalami kerusakan gigi yang parah. Mereka yang mengalami kerusakan gigi sedang dan parah ternyata lebih banyak mengonsumsi minuman bersoda daripada yang mengalami kerusakan gigi ringan.

  4. Jus Buah

    Sama seperti camilan buah kering, jus buah sebenarnya baik jika dikonsumsi sesuai takaran. Dr. Nigel Carter OBE, chief executive di British Dental Health Foundation, menyebutkan bahwa jus buah merupakan minuman bernutrisi baik, tetapi jika terlalu sering diminum dapat menimbulkan gigi berlubang.

Kontrol keinginan Anda untuk memakan cemilan-camilan tersebut agar tak mengalami gigi berlubang. Beruntung air liur di dalam mulut membantu mengurangi dampak buruk dari camilan tersebut. Namun jika terlalu sering mengonsumsinya, air liur tidak dapat lagi menetralkan keadaan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar