Sukses

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Anak ADHD

Membesarkan anak memiliki tantangan tersendiri, terlebih anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar istilah Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)? ADHD merupakan gangguan yang ditandai dengan kurangnya perhatian, dan hiperaktivitas yang menganggu perkembangan anak.

Seorang anak dengan ADHD akan menunjukkan berbagai perilaku seperti kesulitan konsentrasi, tidak teratur, dan hiperaktivitas. Tentunya berbagai hal ini dapat membuat orangtua kewalahan.

Sebab itu, jangan melakukan beberapa hal ini ketika merawat anak ADHD:

  1. Jangan bersikap negatif

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika merawat anak dengan ADHD adalah, jangan bersikap negatif. Tanamkan prinsip bahwa Anda mendapatkan tugas spesial merawat anak dengan kebutuhan khusus. Ketika Anda sudah menanamkan prinsip positif, maka berbagai hal yang Anda lakukan akan berjalan dengan lebih mudah.

  2. Kontrol diri Anda

    Jangan pernah lepas kontrol akan apa yang Anda katakan dan lakukan. Merawat anak dengan ADHD bisa menjadi beban tersendiri. Tak jarang hal ini dapat menyebabkan Anda lepas kendali.

    Kendalikan emosi dan ucapan Anda. Ingatlah bahwa anak ADHD adalah anak dengan kebutuhan khusus. Merawat anak ADHD memerlukan usaha ekstra dan kesabaran yang lebih.

  3. Jangan memperbesar masalah yang kecil

    Merawat anak dengan ADHD memerlukan banyak kompromi. Terkadang anak dengan ADHD akan membuat berbagai masalah.

    Karena itu, kompromi diperlukan khususnya terhadap hal-hal kecil. Apabila anak Anda berhasil mengerjakan sebuah tugas, berikan pujian. Jika anak Anda belum dapat mengerjakan tugas tertentu, jangan pusing karena semuanya adalah sebuah proses pembelajaran

Merawat anak ADHD memang memerlukan kesabaran dan teknik khusus agar Anda tidak putus asa dan jatuh ke dalam fase depresi (stres). Teknik yang tepat, dapat membantu tumbung kembangnya secara optimal.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar