Sukses

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kolesterol Rendah

Tak hanya kolesterol tinggi, ternyata kolesterol rendah juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Masalah dari kolesterol tinggi sudah banyak diketahui. Mulai dari peningkatan risiko penyakit jantung hingga stroke. Lantas, apa jadinya bila tubuh seseorang memiliki kadar kolesterol rendah?

Ternyata, kolesterol rendah juga mendatangkan banyak hal negatif pada tubuh. Sebelum mengetahui apa saja yang terjadi akibat hal tersebut, Anda perlu berkenalan dengan kolesterol lebih jauh.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol merupakan lemak, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya. Misalnya, membuat dinding sel atau membuat hormon. Zat ini diangkut di peredaran tubuh manusia dalam bentuk lipoprotein.

Tergantung dari komposisinya, lipoprotein dibagi menjadi beberapa jenis. Namun yang paling berbahaya adalah Low Density Lipoprotein (LDL). Peningkatan kadar zat ini berhubungan dengan kejadian komplikasi jantung dan stroke.

Kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan penggunaan obat-obatan. Semakin rendah kolesterol LDL, maka komplikasi jantung dan pembuluh darah juga semakin menurun.

Lantas, apakah kolesterol yang rendah selalu memiliki makna yang baik untuk kesehatan? Tidak juga.

Sebuah penelitian di Universitas Duke menyimpulkan bahwa kolesterol rendah dapat menyebabkan gangguan produksi hormon di susunan saraf pusat, yang berhubungan dengan kejadian cemas dan depresi.

Penelitian lain yang dipresentasikan di American College of Cardiology Scientific Session juga menemukan adanya hubungan antara kadar kolesterol rendah dengan peningkatan risiko kanker.

Atas alasan tersebut, kadar kolesterol di dalam tubuh harus tetap normal dan stabil. Tidak boleh terlalu tinggi, juga tidak boleh terlalu rendah. Untuk itu, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, menjauhi rokok maupun alkohol, berolahraga rutin, serta istirahat yang cukup.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar