Sukses

Trik Sederhana untuk Optimalkan Daya Ingat Anak

Daya ingat merupakan salah satu hal yang baik untuk dilatih pada anak. Bagaimana cara agar dapat mengoptimalkannya?

Klikdokter.com, Jakarta Daya ingat atau memori merupakan salah satu komponen dari kecerdasan anak. Selain menambah kreativitas, hal ini juga memperkaya kemampuan berbahasa anak.

Ingin tahu cara terbaik untuk optimalkan daya ingat anak? Berikut trik sederhana yang patut Anda coba:

  1. Menetapkan rutinitas

    Rutinitas merupakan suatu hal yang menunjang memori anak, karena melibatkan repetisi atau pengulangan. Bila seorang anak melakukan aktivitas yang serupa secara rutin, otomatis hal tersebut akan tertanam pada memorinya.

    Misalnya, seorang anak yang terbiasa bermain dengan boneka setelah mandi sore. Lambat-laun, anak tersebut akan terlatih untuk mengambil bonekanya sendiri setelah mandi.

    Ketika usia anak mulai bertambah, Anda dapat menanyakan padanya: “Apa yang kamu lakukan setelah mandi sore?” Maka ia dapat dengan mudah menjawabnya.

  2. Melakukan permainan memori

    Ketika bepergian, biasakan untuk bertanya kepada sang buah hati. Misalnya, saat melewati rumah keluarga atau teman, tanyalah kepadanya: “Siapa yang tinggal di sana?” Hal sederhana seperti ini dapat membantu optimalkan daya ingat anak.

  3. Tunjukkan cara melakukan berbagai hal

    Anak cenderung mengikuti aktivitas yang dilakukan orangtuanya. Bila ingin mendidik buah hati untuk melakukan sesuatu, tunjukkan caranya dan berikan izin untuk mempraktikkannya.

    Melakukan suatu tindakan secara langsung melatih memori lebih baik ketimbang hanya melihat saja. Meski anak dapat belajar dari satu contoh, mereka cenderung mengingat dengan lebih baik bila dipraktikkan secara berulang setiap beberapa hari.

  4. Berbincang mengenai pengalaman anak

    Saat mengobrol santai dengan anak, bicarakan mengenai pengalamannya yang berkesan. Misalnya, saat buah hati Anda berkunjung ke kebun binatang.

    Ketika anak bertambah usia, Anda dapat berbicara dengannya mengenai pengalaman sebelumnya. Hal ini dapat memperkaya daya ingat anak, dan membuatnya belajar cara menyampaikan pengalamannya dengan baik.

Beberapa trik sederhana di atas dapat Anda terapkan dalam kegiatan sehari-hari bersama sang buah hati. Dengan daya ingat yang optimal, kreativitas dan kemampuan berbahasa anak juga akan menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar