Sukses

Bosan Olahraga Sendirian? Bergabunglah dengan Komunitas

Saat bosan berolahraga, ada baiknya Anda mencoba olahraga kelompok atau komunitas untuk kembali memicu semangat. Ini manfaatnya.

Seiring dengan bertambahnya usia, terkadang sulit sekali untuk mendapatkan kesempatan berolahraga bersama teman. Akhirnya, Anda terpaksa melakukannya seorang diri. Tentu, berolahraga sendirian sering mendatangkan rasa bosan. Agar terhindar dari hal tersebut, Anda dapat memilih berolahraga bersama komunitas.

Olahraga kelompok atau komunitas adalah olahraga yang dilakukan oleh sekelompok orang dan biasanya dibimbing oleh seorang instruktur. Contohnya, senam aerobik, Pilates, yoga, freeletics, dan kickboxing.

Tren olahraga kelompok ini meningkat secara global dalam 25 tahun ke belakang, dengan semakin banyaknya studio dan pusat kebugaran. Tak hanya menyenangkan, olahraga berkelompok atau dengan komunitas olahraga akan berdampak baik pula terhadap kesehatan. 

Pada suatu studi ditemukan, individu dengan berat badan berlebih cenderung berhasil menurunkan berat badan ketika berolahraga dengan temannya yang lebih bugar. Semakin lama waktu yang digunakan untuk olahraga bersama, semakin banyak bobot tubuhnya berkurang.

1 dari 2 halaman

Manfaat Sehat Bergabung di Komunitas Olahraga

Berikut keuntungan yang bisa Anda dapat dari berolahraga dalam kelompok atau suatu komunitas:

1. Memacu Motivasi Diri

Pernah dengar mengenai efek Köhler? Ini merupakan suatu fenomena di mana orang akan bekerja lebih keras saat berada dalam suatu kelompok ketimbang bekerja sendiri. Selain itu, tidak ada seorang pun ingin menjadi yang terlemah dalam suatu kelompok. 

Ketika situasi ini menyangkut kebugaran, hal ini akan memacu Anda untuk berusaha lebih maksimal ketika berolahraga.

Dalam suatu studi ditemukan bahwa orang yang melakukan gerakan plank bersama-sama orang lain, bisa menahan posisi plank lebih lama (24 persen lebih lama) dibandingkan orang yang berolahraga sendiri.  

Artikel Lainnya: Mau Olahraga Outdoor Saat Pandemi Virus Corona, Ikuti 4 Langkah Ini!

2. Meningkatkan Komitmen untuk Lebih Rutin Berolahraga

Selain membawa rasa kesenangan tersendiri, olahraga berkelompok juga dapat membuat Anda lebih konsisten serta berkomitmen. Mengapa bisa? 

Misal, apabila seseorang tidak jadi atau membatalkan untuk datang, akan disadari oleh yang lain dan mendapatkan suatu “tekanan” yang positif serta membangun, sehingga membuatnya tidak ingin melewatkan sesi olahraga maupun berhenti.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga berkelompok juga menguntungkan dari segi mental atau psikis.  Meski betul bahwa berolahraga sendiri pun dapat memicu pelepasan endorfin (hormon yang membuat seseorang merasa bahagia setelahnya), namun olahraga berkelompok bisa melepaskan endorfin dengan lebih mudah. 

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga atau aktivitas kelompok memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga sendiri. Mereka juga merasa lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar mereka.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Bersama bagi Pasien Penderita Penyakit Serius

4. Memperluas Opsi Olahraga

Keuntungan lain yang bisa didapat dari bergabung di komunitas olahraga adalah Anda bisa mendapatkan tips olahraga yang tentunya bermanfaat. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki hal-hal yang masih kurang dalam olahraga Anda.  

Tak hanya itu, teman olahraga Anda juga dapat membantu melakukan olahraga yang sulit untuk dilakukan sendiri ( terutama oleh pemula), seperti pull-up. 

Ketika teman olahraga Anda mengetahui olahraga lain yang dianggap seru dan menyenangkan, wawasan Anda juga dapat bertambah dan memperoleh kemampuan baru. Menyenangkan, bukan, manfaat olahraga bersama teman?

Banyak orang yang pergi berolahraga tak hanya untuk tubuh yang sehat, namun juga untuk bersosialisasi dan berkolaborasi. Dengan menjadi sebuah bagian dari suatu komunitas atau kelompok, tentunya akan menumbuhkan rasa memiliki, kegembiraan, sekaligus semangat. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar olahraga atau tips olahraga, bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar