Sukses

Cara Tepat Mengatasi Badan Lemas Karena Diabetes

Salah satu gejala diabetes melitus adalah badan terasa lemas. Bagaimana cara mengatasi lemas pada penderita diabetes? Ini tipsnya untuk Anda.

Rasa lemas yang dirasakan orang yang sehat tentu berbeda dengan penderita diabetes. Lemas atau lelah pada orang sehat akan lekas membaik usai beristirahat. Namun pada penderita diabetes, rasa lelah dan lemas akan terus ada dan tak membaik dengan istirahat. Lantas, adakah cara mengatasi lemas pada penderita diabetes?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu kalau penderita diabetes merasa lemas dan lelah adalah gejala yang umum. Walau begitu, keluhan ini tetap perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab Lemas pada Penderita Diabetes

Berdasarkan the American Diabetes Association (ADA), penelitian menunjukkan bahwa 61% orang yang baru didiagnosis diabetes melitus tipe 2, atau banyak disebut kencing manis, melaporkan rasa lemas atau lelah sebagai salah satu gejala.

Ada banyak penyebab lemas pada penderita diabetes. Beberapa di antaranya adalah:

  • Terjadi perubahan kadar gula darah,
  • Gejala-gejala diabetes lainnya,
  • Komplikasi dari diabetes,
  • Masalah mental atau emosional dari diabetes, dan
  • Memiliki berat badan berlebih.

Artikel lainnya: Sering Kelelahan, Apakah Selalu Gejala Diabetes?

1 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal paling utama yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi lemas pada penderita diabetes adalah melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Seperti apa perubahan gaya hidup yang dimaksud? Berikut penjelasannya:

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menurunkan dan/atau menjaga berat badan ideal akan membantu meringankan gejala penyakit kencing manis. Hal ini karena berat badan berlebih dapat membuat tubuh tidak sensitif dengan hormon insulin, yang mengatur kadar gula darah.

Berat badan yang berada di rentang ideal akan membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin. Bobot tubuh yang sehat juga membuat gula yang ada pada pembuluh darah dapat masuk ke dalam sel dan digunakan untuk energi.

2. Berolahraga Teratur dan Mengontrol Asupan Makan

Berolahraga dan mengontrol asupan makan adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Semua ini akan membantu menambah energi dan mengontrol gula darah di dalam tubuh.

American Diabetes Association (ADA) menyarankan penderita diabetes untuk berolahraga minimal 2,5 jam per minggu. Total durasi tersebut dapat dipenuhi secara selang-seling, atau sehari olahraga dan sehari istirahat. Hal terpenting, jangan melebihi dua hari tanpa olahraga sama sekali.

Jenis olahraga yang dipilih dapat berupa aerobik dan latihan ketahanan, serta keseimbangan dan fleksibilitas.

Sementara itu, untuk makanan, hindarilah yang mengandung banyak gula dan lemak, terlalu sedikit serat, dan makanan yang diproses. Konsumsi makanan yang bergizi dengan porsi tidak berlebih dan mengandung nutrisi seimbang.

Artikel lainnya: 8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah

3. Tidur yang Cukup

Berdasarkan penelitian, kekurangan tidur akan menyebabkan semakin terganggunya produksi hormon dalam tubuh, khususnya insulin. Salah satu hal yang bisa terjadi akibat kondisi tersebut adalah kadar gula darah yang sulit terkontrol.

Maka dari itu, cobalah untuk tidur malam selama 7-9 jam tanpa terputus setiap hari. Usahakan pula untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan optimal.

4. Mengatur dan Menghindari Stres Berlebih

Pada keadaan stres berlebih, tubuh menjadi kesulitan mengatur kadar gula darah sehingga akan memperparah gejala lemas dan lelah pada penderita kencing manis.

Kelola rasa stres yang Anda rasakan dengan cara meditasi, pergi ke tempat tenang untuk beristirahat, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah Secara Teratur

Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan badan lemas dan lelah pada penderita diabetes. Dengan mengontrol kadar gula darah secara teratur, penderita diabetes akan terhindar dari kadar gula darah terlalu rendah atau tinggi yang dapat menyebabkan badan terasa lemas dan lelah.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter tentang bagaimana cara mengontrol kadar gula darah yang paling sesuai dengan kondisi tubuh saat ini.

6. Konsumsi Obat-obatan Sesuai Instruksi Dokter

Mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter sesuai anjuran merupakan cara paling baik untuk mengatasi kondisi penderita diabetes lemas.

Hindari konsumsi obat-obatan atau hal lainnya di luar anjuran dokter. Berkonsultasilah terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tambahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah enam cara mengatasi badan lemas pada penderita diabetes. Dengan penanganan yang tepat, keluhan lemas dan lelah dapat diminimalkan. Manfaatkan layanan konsultasi dokter 24 jam dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS / NB]

0 Komentar

Belum ada komentar