Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantung3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Anda Belum Tahu
Jantung

3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Anda Belum Tahu

Kartika Tarigan, 30 Jun 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak orang bilang bahwa kolesterol tinggi hanya menyerang orang tua. Padahal, anak muda juga berisiko terkena kolesterol tinggi.

3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Anda Belum Tahu

Kini anggapan tentang kolesterol tinggi hanya menyerang orang tua tidak lagi berlaku. Kolesterol tinggi juga mengintai orang muda. Selain faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat seseorang mengalami kolesterol tinggi.

Gejala Kolesterol tidak dapat diidentifikasi secara khusus , baik pada usia tua maupun muda. Berikut ini beberapa tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sekalipun usia masih muda:

Sering Kram saat Tidur Malam

Kram yang muncul mendadak saat tidur di malam hari bisa menjadi pertanda tubuh sedang bermasalah. Kram bisa saja disebabkan oleh aliran darah yang terganggu akibat kolesterol yang tinggi.

Saat mengalami kram, Anda sebaiknya segera menggantungkan kaki di ujung tempat tidur, atau mengambil posisi duduk di kursi terdekat. Gaya gravitasi bumi akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi nyeri kram.

Artikel Lainnya: Efektifkah Konsumsi Suplemen Penurun Kolesterol?

Warna Kulit dan Kuku Mulai Berubah

Hal tersebut bisa terjadi karena dampak dari penyumbatan. Anda bisa memperhatikan perubahan lain yang mungkin terjadi seperti bulu-bulu di kaki mulai rontok dan tumbuh dengan lambat.

Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Gejala yang satu ini terlihat mirip dengan gejala penyakit diabetes. Namun luka yang tak kunjung sembuh juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mulai terserang kolesterol tinggi. Hal ini dapat terjadi karena adanya penurunan sirkulasi darah yang mengakibatkan luka pada kaki tidak sembuh.

Hanya saja, luka pada penderita kolesterol tinggi berwarna cokelat atau hitam dan menyakitkan. Sedangkan luka pada penderita diabetes tidak menimbulkan rasa sakit karena kerusakan saraf terkait diabetes.

Nah, demikian tadi beberapa tanda kolesterol tinggi yang Anda mungkin belum tahu. Beberapa gejala lain yang biasa muncul yaitu rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak, sering sakit kepala, cepat mengantuk, dan mudah lelah.

[BA/ RH]

KolesterolTanda Kolesterol TinggiKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait