Sukses

Benarkah Mandi Air Garam Dapat Kurangi Nyeri Rematik?

Sebagian besar orang percaya bahwa mandi air garam dapat mengurangi nyeri rematik. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri rematik merupakan sebuah gejala. Ada beberapa penyebab nyeri rematik, yaitu pengapuran sendi (osteoarthritis), penyakit rematik (rheumathoid arthritis), penyakit asam urat (gout athritis), dan infeksi sendi (septic arthritis). Pada orang yang sudah lanjut usia, nyeri rematik sering terjadi karena pengapuran sendi.

Sebagian besar orang percaya bahwa mandi air garam dapat mengurangi nyeri rematik. Banyak masyarakat yang tinggal di daerah pantai melakukan hal tersebut. kaum lansia banyak yang berendam di pantai untuk mengurangi nyeri rematik.

Hingga saat ini, kebenaran dari kebiasaan berendam air garam dapat mengurangi nyeri rematik belum sepenuhnya diketahui. Memang, banyak orang dengan nyeri rematik merasakan manfaat mandi air garam. Tapi, bukti ilmiah mengenai hal tersebut belum cukup kuat.

Ada yang menganggap bahwa air garam dapat mengurangi pembengkakan sel-sel di sendi karena mampu menarik air di dalam sel sendi yang membengkak, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

Ada pula pendapat ahli yang menyatakan bahwa manfaat air garam dalam mengurangi nyeri rematik adalah dengan mengurangi proses peradangan dari tingkat molekuler. Namun, belum ada penelitian dengan metodologi yang memadai yang membutikan hal tersebut.

Ya, mandi air garam memang dapat menjadi salah satu pilihan terapi alternatif untuk mengurangi nyeri sendi. Namun, bukti ilmiah mengenai hal tersebut belum cukup kuat. Jika nyeri rematik belum berkurang melalui terapi tersebut, Anda perlu berkonsultasi dengan  dokter untuk penanganan yang lebih baik.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar