Sukses

Cara Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kolesterol dalam tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan saja. Berikut cara terbaik untuk mengatasinya.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Anda dapat menurunkan kolesterol menggunakan obat-obatan, tetapi alangkah lebih baik bila Anda mampu mengatasinya tanpa Lipitor dan sebagainya.

Menurut penelitian para ahli, penggunaan obat bersamaan dengan perubahan gaya hidup terbukti sangat efektif menurunkan kolesterol. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menangani kolesterol tinggi:

Konsumsi Makanan yang Aman Bagi Jantung

Makanan seperti apakah yang aman bagi jantung? Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau saturated fats karena dapat meningkatkan kolesterol “jahat” (LDL). Ganti juga minyak sayur dengan minyak zaitun.Selain itu, konsumsilah makanan yang tinggi akan omega-3 karena mampu menurunkan tingkat trigliserida. Makanan yang mengandung omega-3, antara lain ikan kod, salmon, hering, dan kacang almon.

Artikel Lainnya: Segudang Dampak Negatif Obesitas dan Kolesterol Tinggi

Rutin Berolahraga

Olahraga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol secara signifikan. Dengan melakukan olahraga aerobik intensitas sedang selama minimal 30 menit sehari, dapat menurunkan tingkat LDL, total kolesterol, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Berhenti Merokok

Berhenti merokok terbukti mampu meningkatkan kolesterol “baik” atau HDL. Tak hanya itu, menyetop kebiasaan buruk ini selama 15 tahun mampu mengurangi risiko penyakit jantung, sama seperti seseorang yang tidak pernah merokok. Luar biasa, ya?

Artikel Lainnya: Gejala Kolesterol Tinggi

Menurunkan Berat Badan

Penelitian mengungkap, mengurangi setidaknya 5–10 % berat badan dapat mengurangi kolesterol. Karena itu, mulailah mengevaluasi kebiasaan makan Anda serta rutinitas sehari-hari. Bila Anda memiliki kebiasaan makan ketika bosan atau stres, ubahlah dengan melakukan kegiatan lain seperti berjalan kaki atau berolahraga.

Alkohol

Minuman beralkohol berbahaya bagi kesehatan, tidak hanya meningkatkan kolesterol namun dapat mengundang penyakit lainnya, seperti diabetes. 

Terkadang perubahan gaya hidup tidak cukup untuk menurunkan kolesterol. Bila terjadi demikian, peran obat baru berperan. Pastikan Anda memeriksa kadar kolesterol secara berkala, dan diskusikan rencana penurunan kolesterol kepada dokter. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar