Sukses

5 Kunci Keberhasilan Diet Mediterania

Diet Mediterania sempat diagung-agungkan sebagai salah satu jenis diet terbaik. Bagaimana agar berhasil menjalankan diet ini?

Klikdokter.com, Jakarta Diet Mediterania terinspirasi dari pola makan masyarakat di negara-negara Eropa Selatan dan Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania. Para ahli yakin bahwa penduduk di negara-negara tersebut memiliki profil kesehatan yang baik dan berumur panjang berkat makanan yang mereka konsumsi.

Hal ini didukung lewat beberapa studi yang dilakukan para ahli di seluruh dunia. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa diet Mediterania bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung.

Para peneliti juga menemukan fakta melalui para partisipan yang terlibat dalam penelitian, yang menunjukkan bahwa diet ini dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker dan Parkinson. Ini berkat sumber makanan yang dikonsumsi para pelaku diet ini.

Anda tertarik mencobanya? Ikuti aturan mainnya agar Anda tak salah langkah. Berikut lima kunci keberhasilan diet Mediterania yang bisa Anda coba:

  • Nikmati biji-bijian dan kacang-kacanganKeduanya merupakan sumber protein, serat dan lemak baik. Tak hanya sebagai bahan makanan utama, Anda bahkan bisa memanfaatkan kacang-kacangan sebagai camilan.Anda penggemar nasi? Tak masalah! Anda bisa menyantap nasi merah. Bagaimana dengan nasi putih? Lupakan saja. Sebab berbeda dengan beras merah, beras putih merupakan sumber karbohidrat sederhana.
  • Duet sayur dan buah Kami yakin Anda pasti sudah sangat tahu berjuta kebaikan yang diberikan oleh sayur dan buah bagi tubuh. Sebagai sumber serat, antioksidan, dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.Tapi yang ingin kami jelaskan adalah bahwa diet ini menyarankan sayur dan buah yang tak terlalu banyak melalui proses pengolahan. Artinya, Anda harus lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah segar.
  • Ganti minyak Anda Ya! Salah satu kunci utama diet Mediterania aalah pemilihan minyak. Minyak zaitun dan kanola adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan. Bahkan keduanya juga bisa menggantikan margarine atau butter.
  • Bumbu dan rempah-rempah Para penganut diet ini lebih memilih menggunakan tanaman bumbu dan rempah-rempah sebagai pemberi rasa dibandingkan garam dan jenis penyedap lain.
  • Konsumsi ikan dan unggasSetidaknya Anda harus mengonsumsi ikan dan unggas dua kali dalam seminggu. Hal ini merupakan hal lain yang juga menjadi poin penting agar diet ini berhasil.

Bagaimana? Sudah mulai memahami lebih baik tentang diet Mediterania? Semoga program diet yang Anda jalankan kali ini berhasil!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar