Sukses

Benarkah Timun Bisa Sebabkan Keputihan?

Timun kerap dipercaya bisa sebabkan keputihan. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang meyakini bahwa konsumsi timun dapat sebabkan keputihan. Padahal, faktanya tidak demikian.

Keputihan merupakan kondisi vagina yang menghasilkan cairan lebih banyak dari biasanya. Sebagian besar keputihan yang dialami wanita adalah keputihan normal, lantaran terjadi karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron.

Keputihan yang normal ditandai dengan warna yang jernih, tidak berbau, dan jumlahnya tidak banyak. Biasanya sering dialami wanita menjelang masa subur. Keputihan seperti ini justru bermanfaat untuk menjaga vagina agar tidak kering dan bebas dari infeksi.

Namun, ada pula keputihan tidak normal yang ditandai dengan adanya perubahan warna keputihan. Perubahan bisa dari warna kuning kehijauan, bercampur darah, berbau amis rasa gatal di sekitar vagina, atau nyeri perut bawah.

Gejala-gejala tersebut besar kemungkinan disebabkan karena infeksi bakteri, jamur, atau parasit. Tak ada hubungannya dengan makanan seperti timun sama sekali.

Bahkan faktanya, konsumsi timun justru mendatangkan banyak manfaat. Timun dikenal kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, dan air yang baik untuk kesehatan tulang, pencernaan serta kulit.

Jadi, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi timun. Selain tak akan sebabkan keputihan, ada banyak manfaat yang diberikannya bagi kesehatan.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar