Sukses

Benarkah Timun Bisa Sebabkan Keputihan?

Timun kerap dipercaya sebagai salah satu penyebab keputihan pada wanita. Benarkah demikian?

Banyak orang meyakini bahwa timun adalah salah satu makanan penyebab keputihan. Timun dinilai memiliki kandungan yang dapat meningkatkan hormon estrogen pada wanita sehingga memicu keputihan. Benarkah demikian?

Benarkah Timun Sebabkan Masalah Keputihan?

Timun kerap dikaitkan sebagai penyebab keputihan pada wanita. Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian yang menerangkan bahwa timun adalah makanan penyebab keputihan sehingga bisa dikatakan hal ini adalah mitos.

Bahkan, konsumsi timun mendatangkan banyak manfaat karena kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, dan air yang baik untuk kesehatan tulang, pencernaan, serta kulit.

Keputihan merupakan reaksi normal dari tubuh untuk menjaga vagina tetap bersih, sehingga membuat vagina mengeluarkan cairan lendir yang mengandung bakteri dan sel-sel mati. Namun sering kali, keputihan menjadi sangat banyak dan menjadi tidak normal.

Artikel Lainnya: Sering Keputihan, Haruskah Khawatir?

Keputihan dapat disebabkan oleh proses alami tubuh, perubahan hormon, dan juga infeksi. Jadi, pendapat bahwa ada beberapa makanan yang menjadi pantangan keputihan adalah tidak benar.

1 dari 3 halaman

Penyebab Umum Terjadinya Keputihan

Keputihan merupakan kondisi vagina yang menghasilkan lendir lebih banyak dari biasanya. Penyebab keputihan bergantung pada jenis keputihannya, apakah normal atau tidak normal. Berikut penjelasannya:

  • Keputihan Normal

Sebagian besar keputihan yang dialami wanita adalah keputihan normal, lantaran terjadi karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron.

Keputihan yang normal ditandai dengan warna yang jernih, tidak berbau, dan berjumlah tidak banyak. Kondisi ini sering dialami wanita menjelang masa subur, menjelang menstruasi, saat sedang stres, aktivitas seksual meningkat, dan saat hamil.

Keputihan seperti ini justru bermanfaat untuk menjaga vagina agar tidak kering dan bebas dari infeksi.

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Keputihan Normal

  • Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal ditandai dengan adanya perubahan warna keputihan. Perubahan tersebut meliputi warna keputihan yang kuning kehijauan, bercampur darah, berbau amis, rasa gatal di sekitar vagina, atau nyeri perut bawah.

Gejala-gejala tersebut besar kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau parasit. Tak ada hubungannya dengan timun sama sekali, yang sering disebut sebagai makanan penyebab keputihan.

2 dari 3 halaman

Adakah Cara Alami untuk Atasi Keputihan?

Bila Anda mengalami keputihan, jangan panik dulu. Coba perhatikan jenis keputihan Anda, apakah masih dalam batas normal atau tidak berdasarkan perbedaan yang telah dijelaskan di atas. Setelah itu, lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi keputihan secara alami:

  • Jaga Kebersihan Vagina

Hal terpenting dalam mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi sekaligus mengobati keputihan itu sendiri.

Organ kewanitaan sudah memiliki bakteri atau flora normal yang berguna untuk mencegahnya dari infeksi. Namun, flora normal ini dapat mengganggu apabila jumlahnya berlebihan di dalam vagina.

Artikel Lainnya: Atasi Keputihan dengan Bahan Alami Ini

Bakteri berkembang biak dengan baik di tempat yang lembap. Oleh karena itu, selalu jaga organ kewanitaan Anda agar tetap kering dan rajin mengganti pakaian dalam apabila sudah merasa lembap.

  • Konsumsi Makanan yang Tepat

Terdapat beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi keputihan, seperti yoghurt, bawang putih, minyak daun teh, minyak kelapa, dan cuka apel. Makanan tersebut telah terbukti dapat mengatasi infeksi bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Selain beberapa cara tersebut, mengatasi keputihan juga dapat dilakukan dengan tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, menghindari penggunaan sabun pembersih kewanitaan secara berlebihan, rutin mengganti pembalut saat menstruasi, serta jangan banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Pasalnya, hal-hal tersebut dapat memicu perkembangan bakteri dan jamur yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Jadi, timun bukan merupakan makanan yang dilarang saat keputihan. Anda tak perlu lagi khawatir mengonsumsi timun karena hal itu hanya mitos. Selain tak akan sebabkan keputihan, ada banyak manfaat yang diberikannya bagi kesehatan.

Keputihan dapat diatasi dengan menjaga kebersihan dari organ kewanitaan Anda. Apabila keputihan menjadi tidak normal, konsultasikanlah masalah Anda dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar