Sukses

4 Kiat Atasi Anak Rewel Saat Mudik Lebaran

Mudik selalu menjadi aktivitas tahunan yang sangat menyenangkan. Namun perjalanan panjang sering membuat anak rewel saat mudik?

Klikdokter.com, Jakarta Mudik ke kampung halaman memang selalu ditunggu-tunggu. Namun kondisi tidak nyaman saat mudik baik secara fisik, lingkungan, maupun psikologis dapat membuat anak rewel.

Dalam keadaan tenang di rumah, mengatasi kerewelan anak relatif lebih mudah dibandingkan saat kondisi tertentu misalnya menempuh perjalanan jauh untuk mudik lebaran.

Berikut ini beberapa kiat mengatasi anak rewel saat mudik lebaran:

  1. Penuhi kebutuhan fisiologis anak

    Jika anak mulai rewel, tanyakan penyebabnya sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan. Lapar, haus, ingin BAB dan BAK merupakan beberapa penyebab anak rewel. Pastikan asupan nutrisi dan minum serta kebutuhan BAB dan BAK anak terpenuhi.

  2. Ciptakan kondisi nyaman saat mudik

    Tidak hanya anak, orang dewasa pun pasti merasa tidak nyaman melakukan perjalanan dalam kondisi yang panas, gerah, dan bau. Kondisi inilah yang sering membuat anak rewel saat mudik. Solusinya, pilihlah sarana transportasi yang nyaman jika melakukan perjalanan dengan anak.

  3. Atasi mabuk perjalanan

    Salah satu penyebab lain anak menjadi rewel saat melakukan perjalanan adalah mabuk perjalanan. Untuk itu, cegahlah mabuk perjalanan dengan air hangat, aromaterapi atau obat anti mabuk perjalanan agar anak tidak rewel selama mudik.

  4. Berikan kenyamanan secara psikologis kepada anak

    Bagi anak yang belum pernah mudik, bertemu banyak orang-orang baru yang tidak ia kenal terkadang membuatnya merasa ketakutan. Selain itu, pengalaman naik pesawat, naik kereta, atau kapal untuk pertama kalinya juga dapat membuat anak ketakutan sehingga membuatnya rewel.

Untuk itu, berikan empati dan ketenangan kepada anak dengan mengajaknya membaca doa bersama sebelum melakukan perjalanan.

Nah, sebelum mengajak anak Anda untuk melakukan perjalanan mudik lebaran, sebaiknya Anda perlu mengikuti kiat-kiat di atas. Berikan gambaran kondisi mudik kepada anak Anda. Dengan demikian, secara psikologis anak akan lebih siap, dan cenderung tidak rewel selama di perjalanan. Selamat mudik.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar