Sukses

5 Fakta Unik Tentang Kaki

Kaki manusia tidak sesederhana yang Anda duga. Berikut fakta tentang kaki yang perlu Anda ketahui.

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya berfungsi untuk berdiri dan berjalan, ternyata kaki punya lima fakta unik yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Apa sajakah?

1 dari 6 halaman

Fakta #1 Dibutuhkan puluhan tulang dan sendi di kaki untuk menopang tubuh

Agar seseorang dapat berdiri dan berjalan dengan baik, kaki memiliki 26 tulang, 33 sendi, dan ratusan ligamen (urat yang menghubungkan tulang dengan sendi).

Tulang, sendi, dan ligamen sebanyak itu dibutuhkan untuk menopang puluhan kilogram berat badan. Bila ada satu saja yang terganggu, kaki tak mampu menapak dan melangkah dengan normal.

2 dari 6 halaman

Fakta #2 Ratusan ribu kelenjar keringat untuk mencegah kaki lecet

Sepasang kaki memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat. Kelenjar keringat bersifat asam sehingga bermanfaat untuk melindungi kaki dari infeksi kuman. Keringat juga membuat kulit telapak kaki agak lembap dan tak mudah pecah-pecah.

Manfaat yang tak kalah penting dari kelenjar keringat adalah mencegah lecet akibat gesekan di telapak kaki bila seseorang sedang berjalan tanpa menggunakan alas.

3 dari 6 halaman

Fakta #3 Ribuan saraf untuk mencegah kaki terluka

Kaki manusia memiliki sekitar 8.000 saraf yang bermanfaat untuk memberikan kepekaan terhadap rasa nyeri. Saraf yang berfungsi dengan baik sangatlah penting untuk mencegah luka di kaki.

Pada pasien diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol, saraf di kaki mengalami gangguan (neuropati). Kondisi ini menyebabkan kaki tidak sensitif terhadap rasa nyeri sehingga mudah terluka. Sering kali pasien diabetes tidak menyadari kalau ada luka di kakinya karena tidak merasakan apa-apa.

4 dari 6 halaman

Fakta #4 Lengkung kaki untuk membentuk postur tubuh

Lengkung kaki sering dianggap sepele. Namun, sebenarnya lengkung kaki sangat berperan untuk membentuk postur tubuh yang normal.

Lengkung kaki yang terganggu, misalnya lengkung kaki terlalu tinggi atau justru datar (flat foot), menyebabkan postur tubuh tidak stabil sehingga terjadi ketegangan otot betis dan tulang belakang.

Selain itu, lengkung kaki juga bermanfaat untuk mendistribusikan tekanan ke seluruh bagian kaki sehingga tak hanya bertumpu pada satu titik tertentu. Hal ini penting untuk mencegah kaki mengalami nyeri atau kapalan pada daerah tertentu

5 dari 6 halaman

Fakta #5 Tumit kaki menopang kaki saat berjalan dan berlari

Saat berjalan atau berlari, seluruh berat tubuh dibebankan pada kaki. Tumit sangat berperan untuk menopang berat saat kaki berjalan atau berlari. Tanpa tumit, seseorang tidak akan mampu berjalan dan berlari dengan stabil dan akan mudah terjatuh.

Itulah lima fakta menarik tentang kaki yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Rawatlah kaki Anda dengan baik agar kesehatannya tetap terjaga.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar