Sukses

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kemampuan Mengambil Keputusan

Di era globalisasi ini, tingkat pengetahuan merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menentukan kemampuan membuat keputusan.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam mengambil keputusan, seseorang harus mempertimbangkan berbagai hal yang berpengaruh. Kesulitan membuat keputusan bukanlah suatu hal yang jarang terjadi.

Beberapa faktor diduga berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan. Sebagai contoh, pengetahuan kesehatan dan finansial konon diduga turut berperan dalam menentukan kemampuan seorang dalam membuat keputusan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Gerontology mencoba untuk mencari adanya kaitan antara tingkat pengetahuan mengenai kesehatan dan ekonomi dengan kemampuan membuat keputusan.

Penelitian yang mendata 525 responden ini menilai tingkat pengetahuan terkait ekonomi dan kesehatan, lalu dikaitkan dengan kemampuan mengambil keputusan dari masing-masing individu.

Dari hasil penelitian tersebut, didapat bahwa tingkat pengetahuan berbanding lurus dengan kemampuan seseorang untuk membuat keputusan. Artinya, semakin tinggi pengetahuan mengenai kesehatan diri dan ekonomi, semakin tinggi pula kemampuan untuk mengambil keputusan.

Bagaimana cara seseorang dapat menambah wawasan mengenai kesehatan diri dan ekonomi? Para peneliti menganjurkan bahwa selain pendidikan formal, juga terdapat cara lain untuk menambah wawasan.

Salah satunya adalah membaca surat kabar atau berita mengenai topik kesehatan dan ekonomi secara rutin. Selain itu, banyaknya informasi dan berita yang dapat diakses melalui gawai membuat menambah wawasan menjadi aktivitas yang tidak sulit untuk dilakukan.

Dengan terus mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia, wawasan pun akan menjadi semakin luas.

Dengan menambah pengetahuan mengenai berbagai hal yang penting dalam kehidupan, kemampuan mengambil keputusan pun semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga dinilai dapat meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan di kemudian hari.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar