HomeInfo SehatMataDapatkah Mata Minus Disembuhkan?
Mata

Dapatkah Mata Minus Disembuhkan?

dr. Kartika Mayasari, 03 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memiliki mata minus tentu menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, apakah kondisi ini bisa disembuhkan?

Dapatkah Mata Minus Disembuhkan?

Mata minus dapat membuat penglihatan jarak jauh menjadi terganggu. Kondisi ini memang menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi dapat diperbaiki dengan beberapa cara.

Berikut dua macam terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan mata minus:

1. Kacamata atau lensa kontak

Mata minus dapat diperbaiki dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, pola makan sehat serta kebiasaan membaca yang baik (misalnya, menghindari tempat remang untuk membaca) juga dibutuhkan.Mengistirahatkan mata saat mata Anda terasa lelah juga membantu agar mata minus tidak bertambah. Dengan kacamata atau lensa kontak, mata minus Anda sebenarnya tidak akan berkurang ataupun sembuh; hanya membantu agar tidak bertambah. Selain itu, gejala yang menyertai mata minus seperti pusing akan berkurang.

2. Operasi LASIK

LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) adalah metode terpopuler di dunia untuk memperbaiki kelainan mata minus. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter spesialis mata yang kompeten. LASIK berguna untuk memperbaiki bentuk permukaan kornea mata sehingga cahaya dapat masuk dengan sempurna dan penglihatan mata meningkat. Dengan demikian, mata dapat normal kembali tanpa harus dikoreksi menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Kedua terapi ini biasa digunakan oleh dokter spesialis mata untuk keluhan mata minus. Meski demikian, hanya LASIK yang dapat menyembuhkan mata minus yang Anda miliki.

[RS/ RH]

Kacamataoperasi lasikMata Minus

Konsultasi Dokter Terkait