Sukses

Kiat Meredakan Sakit Kepala tanpa Membatalkan Puasa

Sakit kepala saat puasa dan bingung bagaimana meredakannya tanpa berbuka? Ini kiatnya.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang sering dialami saat berpuasa. Normalnya, pertolongan pertama yang dipilih untuk mengatasi sakit kepala adalah makan, minum, atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Namun, bagaimana jika sedang berpuasa? Berikut kiat untuk meredakan sakit kepala tanpa membatalkan puasa Anda:

  • Persiapkan puasa dengan baik

    Walaupun kiat ini lebih tepat disebut mencegah, tetapi ini sangat penting. Sahurlah dengan menu makanan yang tepat. Hindari makanan dengan indeks gula tinggi untuk mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

    Selain itu, penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih secara cukup. Tak mau, kan, lemas saat siang bolong gara-gara kurang minum?

  • Perhatikan lingkungan

    Jika sakit kepala menyerang, perhatikan lingkungan Anda. Sakit kepala dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang terik, udara yang panas, dan kondisi lingkungan lainnya.

    Jika Anda sedang berada di bawah terik matahari, segera cari tempat teduh dengan udara sejuk. Kiat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko dehidrasi akibat penguapan cairan melalui keringat.

  • Hentikan aktivitas yang terlalu berat dan hindari stres

    Berpuasa bukanlah penghalang untuk tetap produktif. Namun, ada kalanya aktivitas yang terlalu berat dapat memicu sakit kepala saat berpuasa.

    Coba kurangi intensitas aktivitas saat berpuasa. Ingat, sakit kepala tidak hanya dapat dipicu oleh aktivitas fisik, tetapi juga aktivitas nonfisik.

    Jika Anda sudah merasa penat saat bekerja atau belajar kala puasa, istirahatkan pikiran sejenak. Selingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan.

  • Istirahat cukup

    Sakit kepala saat berpuasa sering dipicu oleh kurangnya waktu tidur. Jadi, atasi hal ini dengan tidur lebih awal dan menambahkan jam istirahat di tengah hari, terutama saat sakit kepala menyerang.

    Istirahat tidak selalu berarti tidur, tetapi bisa juga berupa duduk santai atau rebahan.

Jika sakit kepala tak kunjung hilang atau malah memburuk dengan cara-cara tersebut, jangan paksakan diri untuk berpuasa. Mengonsumsi obat pereda sakit kepala berbasis parasetamol dapat sangat membantu.

Salah satu obat berbasis parasetamol yang bisa Anda konsumsi adalah Panadol. Selain itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter saraf untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar