Sukses

Ini Trik Memasak Nasi Putih Agar Tidak Bikin Gemuk

Nasi putih mengandung kalori yang cukup tinggi. Sebenarnya, ada satu cara untuk menyiasatinya.

Klikdokter.com, Jakarta Nasi putih mengandung kalori yang cukup tinggi. Satu mangkuk nasi mengandung sekitar 206 kalori dan sebagian besar akan diubah menjadi gula.

Nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya, setelah mengonsumsi nasi, kadar gula dalam darah akan cepat meningkat.

Namun, dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin merasa sulit menyingkirkan atau membatasi asupan nasi putih. Ya, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang tak boleh dilewatkan.

Sebenarnya, ada satu cara untuk menyiasati kalori yang cukup tinggi pada nasi. The College of Chemical Sciences dari Sri lanka telah menemukan cara memasak nasi agar tidak membuat gemuk.

Caranya yaitu dengan menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke air mendidih saat memasak nasi. Lalu, tambahkan setengah cangkir beras putih dan rebus selama 40 menit. Setelah nasi matang, dinginkan selama selama 12 jam.

Prosedur ini ternyata dapat meningkatkan kandungan serat dalam nasi sebanyak 10 kali lipat dibandingkan memasak nasi melalui prosedur pada umumnya. Kandungan kalori pada nasi putih pun menjadi 50–60 persen lebih rendah dari nasi yang dimasak tanpa tambahan minyak kelapa.

[BA/ RH]

5 Komentar