Sukses

5 Cara Menjaga Kerja Otak Tetap Optimal

Ingin otak tetap bekerja dengan optimal hingga usia tua? Ini cara yang mesti Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Otak ibarat mesin yang menjalankan mobil. Jika otak tidak bekerja dengan baik, maka tubuh manusia juga tidak akan berjalan optimal. Lantas, bagaimana menjaga kerja otak agar tetap berfungsi dengan baik?

Seiring bertambanya usia, ukuran otak juga akan semakin mengecil. Kejadian ini dapat menyebabkan penurunan fungsi otak. Nah, untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik, ini cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Olahraga otak

    Olahraga tidak hanya dapat dilakukan oleh fisik, tetapi juga otak. Jika Anda seorang pecinta puzzle, maka latihlah otak Anda lewat permainan puzzle.
    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tangan yang tidak dominan ketika beraktivitas. Misalnya untuk menggosok gigi atau menyisir rambut. Rangsanglah otak Anda dengan berbagai kegiatan berbeda untuk menciptakan hubungan saraf yang baru.

  2. Tingkatkan variasi aktivitas Anda

    Apakah Anda sudah aktif secara fisik? Jika ya, cobalah untuk menambah variasi aktivitas fisik yang biasa Anda lakukan.
    Bukan sembarang aktivitas fisik, tetapi aktivitas yang menuntut kekompakan dari sebuah grup –seperti bermain sepak bola, basket atau lainnya. Selain melatih tubuh, aktivitas yang demikian juga melatih otak Anda.

  3. Konsumsi makanan otak

    Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, makanan tertentu juga bermanfaat bagi pertumbuhan otak. Makanan yang dimaksud adalah makanan kaya omega-3 dan vitamin B, seperti ikan salmon. Anda juga dapat menemukan zat gizi tersebut pada suplemen yang dijual bebas di pasaran.

  4. Bersosialisasi

    Manusia adalah mahkluk sosial dan perlu bersosialisasi dengan manusia lainnya. Bersosialisasi tidak hanya baik untuk menjalin hubungan baik, tetapi juga untuk menstimulasi otak melalui berbagai bentuk rangsangan.

  5. Menjadi relawan

    Penelitian menunjukkan bahwa menjadi relawan dapat menurunkan kadar stres dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, mengikuti kegiatan sosial juga memberikan dampak psikologis yang baik untuk Anda.

Mudah, bukan? Dengan otak sehat yang bekerja dengan baik, maka Anda dapat hidup sehat secara fisik dan mental.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar