Kulit

Mau Terlihat Awet Muda? Coba 12 Trik Sederhana Ini!

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 09 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin awet muda dan memiliki kulit yang sehat? Tenang, berikut ini 12 tips awet muda yang sederhana dan sebaiknya kamu lakukan.

Mau Terlihat Awet Muda? Coba 12 Trik Sederhana Ini!

Tidak sedikit orang yang ingin tetap terlihat muda. Cara untuk awet muda sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa kamu lakukan rutin di rumah.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat hingga menggunakan skincare tepat sesuai jenis kulit bisa kamu lakukan.

Apa saja tips awet muda yang mudah dan efektif? Simak di bawah ini:

1. Perhatikan Makanan

Cara pertama yang bisa dilakukan agar kamu awet muda adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Pastikan kamu memiliki pola makan yang sehat. Penuhi kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan kamu.

Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat, ya. Singkirkan pula makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah.

Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral, dan serat kamu terpenuhi dengan baik.

Artikel Lainnya: Teknik Brow Pinching Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

 2. Konsumsi Omega-3

Resep awet muda dan cantik secara alami berikutnya, yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi omega-3. Selain bagus untuk kulit, omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung kamu, lho.

Omega-3 dapat ditemukan pada salmon, kacang walnut, biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang banyak dijual di pasaran. Rutin mengonsumsi asupan kaya omega-3 dapat membantu kamu tetap awet muda.

3. Hindari Stres

Menjaga kesehatan mental bisa bikin kamu tetap awet muda. Hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.

Stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika kamu sering stres, coba lakukan terapi relaksasi. Kamu bisa rutin melakukan yoga maupun berjalan-jalan dengan keluarga atau sahabat.

4. Jauhi Rokok dan Alkohol

Salah satu cara membuat wajah awet muda adalah dengan menjaga pola hidup sehat, termasuk meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kesehatan. Contohnya, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, hindari keduanya, ya.

Artikel Lainnya: Mengenal Zat Peptide untuk Kulit Wajah Awet Muda

5. Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, otot tubuh kamu jadi lebih kencang sehingga kamu terlihat awet muda.

Olahraga juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Lakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu, ya. Berolahragalah dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

6. Lindungi Kulit Setiap Hari

Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Meski begitu, waktu dan durasi ketika kamu berjemur tetap harus kamu perhatikan. Sangat disarankan untuk berjemur sekitar pukul 09.00 pagi, dengan durasi 5-15 menit.

Saat harus bepergian, gunakanlah tabir surya sehingga kulit dapat terlindung dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa mempercepat proses penuaan.

7. Gunakan Kacamata Hitam

Penggunaan kacamata hitam dapat membantu mengatasi silau dan melindungi mata dari paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, penggunaan kacamata bisa membantu menghambat proses penuaan.

Ketika kamu keluar ruangan, paparan matahari yang menyilaukan, sering kali bikin kamu mengernyitkan dahi.

Apabila mimik tersebut berlangsung terus-menerus, garis kerut pada wajah yang bersifat permanen bisa terbentuk. Alhasil, kamu memiliki kesan tua pada wajah.

Artikel Lainnya: Perawatan untuk Kulit Gelap Agar Tetap Tampil Glowing

8. Rutin Membersihkan Wajah

Tips awet muda satu ini tidak boleh disepelekan. Kebersihan wajah harus benar-benar diperhatikan.

Saat membersihkan wajah, pastikan tidak menggunakan gerakan yang kasar ataupun penekanan berlebih.

Gerakan menggosok dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Jika berlangsung cukup lama, penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

9. Gunakan Pelembap Wajah

Wajah yang kering lebih cepat menimbulkan garis atau kerutan pada wajah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kelembapan pada wajah. Caranya adalah dengan menggunakan pelembap secara rutin.

Gunakan pelembap wajah sesuai dengan kulit kamu, ya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan pelembap yang sesuai.

10. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Ketika memilih produk perawatan wajah, pasti kamu memiliki tujuan tertentu, seperti ingin mencerahkan, melembapkan, mengatasi jerawat, dan lainnya.

Sayangnya, produk perawatan wajah yang digunakan belum tentu cocok sehingga hasilnya bisa berbeda pada setiap orang.

Jika wajahmu terasa seperti tersengat atau terbakar pada ketika menggunakan produk perawatan wajah, segera hentikan penggunaannya.

Tandanya, permukaan kulit kamu mengalami iritasi. Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa bikin kulit wajahmu cepat terlihat tua.

11. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan menjadi salah satu rahasia untuk tetap awet muda.

Mendapatkan tidur yang cukup sangat baik untuk mengurangi depresi, mengurangi peradangan, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Artikel Lainnya: Fakta dan Mitos tentang Menjaga Kesehatan Kulit Agar Awet Muda

12. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup sangat baik untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Kulit kamu juga membutuhkan air untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi penuaan.

Terapkan tips awet muda di atas agar wajah kamu tidak cepat terlihat tua. Hasilnya tentu tidak akan terlihat dalam sekejap. Karena itu, lakukan secara rutin dan teratur.

Ingin tahu tips kesehatan dan rahasia awet muda lainnya? Download aplikasi KlikDokter! Gunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi langsung dengan dokter kulit.

(ADT/JKT)

Gaya Hidup SehatkulitNutrisi

Konsultasi Dokter Terkait