Sukses

Kebiasaan yang Bisa Bikin Anda Punya Wajah Boros

Ingin terus terlihat awet muda hingga bertahun-tahun ke depan? Hindari kebiasaan-kebiasaan berikut jika tidak ingin dilabeli wajah boros!

Rasanya, tidak ada seorang pun yang ingin mendapat julukan “wajah boros”. Karena tandanya wajah Anda terlihat lebih tua dari usia asli Anda.

Tak dapat dimungkiri, seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan kulit Anda menurun. Mulai dari elastisitas kulit hingga kandungan kolagen yang menunjang kecantikan Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang membuat label “wajah boros” menempel pada Anda lebih cepat! Simak beberapa kebiasaan yang membuat Anda memiliki “wajah boros”.

1 dari 4 halaman

1. Stres Berlebihan

Urusan pekerjaan, percintaan, pertemanan, bahkan persoalan rumah tangga menjadi salah satu penyebab wajah Anda “boros” lebih cepat. Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat mengakibatkan kolagen pada wajah Anda berkurang drastis.

Kolagen pada wajah bertugas untuk menjaga kesehatan kulit Anda, terutama elastistas dan kecerahan kulit wajah. Jadi, temukan faktor-faktor yang membuat Anda stres dan atasi sesegera mungkin. Dengarkan musik atau meditasi untuk membantu Anda menenangkan diri.

Artikel lainnya: Cegah Penuaan Dini dengan Masker Kefir

2. Pola Makan yang Salah

Tidak hanya makanan seperti gorengan, daging merah, atau makanan cepat saji yang memicu penuaan dini. Minuman kekinian yang tinggi gula juga dapat menyebabkan wajah Anda terlihat lebih tua sebelum waktunya.

Minuman yang tinggi gula bergabung dengan protein pada tubuh menjadi advanced glycation end products (AGES) yang dapat merusak kadar kolagen pada kulit Anda. Alhasil, kerutan, wajah kusam, dan jerawat akan menghantui Anda.

2 dari 4 halaman

3. Tidak Memakai Tabir Surya

Anda pekerja lapangan? Hati-hati, ya! Bila Anda tidak menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, terutama UVB, wajah akan cepat mengalami penuaan dini.

Paparan sinar matahari dari pukul 09.00–16.00 mengandung ultraviolet dan radikal bebas. Masalahnya, hal ini dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam dan kerutan.

Pilihlah tabir surya yang mengandung antioksidan dan proteksi lengkap dari UVA dan UVB. Hal ini membantu kulit Anda terlindungi dari rasa terbakar (sunburn), kanker kulit, maupun penuaan dini.

Artikel lainnya: Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

4. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol tentu saja berhubungan dengan organ hati. Hati bertugas mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh, namun dengan Anda mengonsumsi alkohol, organ hati ini kehilangan kinerjanya sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Saat organ hati tidak bisa bekerja dengan baik, racun menyebar di dalam hati dan tidak dipecah dengan benar. Akibatnya, kulit akan mengalami berbagai masalah, seperti jerawat, keriput, serta warna kulit yang pucat tidak sehat.

Selain itu, konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan Anda dehidrasi. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki sifat diuretik yang membuat Anda buang air kecil terus-menerus.

Dehidrasi menyebabkan terjadinya kulit kering, mudah timbul kerutan, serta keriput. Maka tak heran jika Anda akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.  

3 dari 4 halaman

5. Tidur Miring Satu Sisi

Setiap posisi tidur pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tidur miring satu sisi dapat menekan kulit Anda secara berlebihan sehingga dapat memicu kerutan pada wajah.

Tidur telentang dapat  menjadi pilihan untuk menghindari penuaan kulit wajah. Selain itu, tidur dengan posisi telentang dapat mengurangi tekanan kepala, sehingga Anda bisa terhindar dari sakit kepala serta dapat menyelaraskan tulang belakang.

6. Diet Ketat

Memiliki tubuh yang ramping pasti idaman setiap wanita. Tak jarang, mereka menerapkan diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Namun siapa sangka, diet ketat ternyata dapat menyebabkan wajah Anda lebih tua!

Jika tubuh Anda terlalu kurus ternyata juga tidak sehat, karena membuat kulit Anda menjadi lebih cepat tua. Pasalnya, kekurangan lemak di wajah memicu kulit kendur pada bagian ini.

Pola diet yang disarankan adalah dengan mengurangi porsi makanan dan menjaga pola makan yang teratur. Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3 untuk melawan kerutan pada wajah Anda. Jangan lupa mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan ini, jangan lupa untuk merawat kulit Anda dengan menggunakan krim dan minyak perawatan wajah, berolahraga kardio, mengonsumsi makanan segar, serta melakukan meditasi. Cara ini dapat Anda terapkan untuk mencegah wajah Anda terlihat “tua” sebelum waktunya.

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya atau menanyakan kebiasaan lain yang dapat menyebabkan wajah Anda terlihat lebih tua? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar