Sukses

Kiat Ampuh Cegah Kuku Rapuh

Tidak hanya mengganggu, kuku rapuh juga merupakan salah satu tanda infeksi jamur. Bagaimana cara mencegahnya?

Tidak hanya mengganggu, ternyata kuku rapuh bisa menjadi tanda dari infeksi jamur. Oleh karena itu, cara mencegah kuku rapuh dapat dilakukan dengan menghindari terjadinya infeksi jamur tersebut.

Infeksi jamur  yang menyebabkan kuku rapuh disebut dengan onikomikosis. Jenis-jenis onikomikosis bergantung pada seberapa luas daerah kuku yang terkena. Ada yang mengenai bagian ujung kuku, ada pula yang mengenai seluruh bagian kuku. Jamur ini kerap mengenai kuku kaki dibandingkan kuku tangan. 

Salah satu penyebab kuku rapuh adalah penggunaan sepatu terus-menerus. Hal ini karena sepatu merupakan tempat tertutup yang lembap dan gelap, sehingga membuat jamur betah hidup di area tersebut.

Namun, tak perlu khawatir, berikut cara agar kuku tidak rapuh yang bisa Anda lakukan:

1 dari 4 halaman

1. Jemur Sepatu Setiap Habis Digunakan

Salah satu cara mencegah kuku rapuh yang paling efektif adalah dengan memperhatikan penggunaan sepatu. Hal ini karena kondisi kaki sangat memengaruhi kesehatan kuku Anda. Penggunaan sepatu yang tidak tepat berisiko menyebabkan kuku rapuh.

Aktivitas sehari-hari membuat kaki berkeringat dan menghasilkan kuman. Sepatu yang digunakan seharian mungkin akan terkontaminasi kuman yang berasal dari kaki kita. Jika dibiarkan, sepatu akan menjadi media berkembang biaknya kuman salah satunya jamur. 

Untuk mencegahnya, sepatu yang telah digunakan harus sering-sering dijemur. Menjemur sepatu akan membuat kuman tidak berkembang biak. Selain itu, jangan malas membersihkan sepatu.

Artikel Lainnya: Cara Aman Mengobati Cantengan di Rumah 

2 dari 4 halaman

2. Jangan Gunakan Sepatu Tertutup Terus-menerus

Penggunaan sepatu tertutup yang terus-menerus dapat menyebabkan masalah. Padahal, kuku juga perlu istirahat dan ruang bernapas. 

Cobalah untuk tidak menggunakan sepatu tertutup terus-menerus, kombinasikan dengan sepatu sandal ataupun sandal agar kuku tidak menjadi lembap.

Jika akan menggunakan sepatu tertutup, pilihlah ukuran sepatu yang sesuai. Hindari ukuran yang terlalu sempit, berilah sedikit jarak agar kaki dan kuku memiliki ruang bebas. 

3. Gunakan Kaus Kaki

Cara mencegah kuku rapuh selanjutnya adalah dengan mengatasi keringat pada kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan kaus kaki secara tepat. 

Kaus kaki dapat menyerap keringat ketika Anda memakai sepatu selama seharian. Karena itu, penggunaan kaus kaki akan meminimalkan kelembapan di kuku kaki sehingga tidak terserang jamur.

Namun, saat menggunakan kaus kaki, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal seperti bahan kaus kaki dan lama penggunaannya. 

Gunakan kaus kaki dari bahan yang dapat menyerap keringat dan usahakan untuk diganti setiap hari. Karena menggunakan kaus kaki yang sama selama berhari-hari justru akan menambah risiko terjadinya kuku rapuh. 

Artikel Lainnya: Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi Banyak Air Putih Serta Buah dan Sayur

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa kuku rapuh bisa terjadi akibat kekurangan nutrisi tertentu seperti mineral dan vitamin. 

Seperti halnya kulit yang perlu dirawat dari dalam, pemenuhan asupan nutrisi juga menjadi salah satu cara mencegah kuku rapuh. Nutrisi untuk kuku dapat diperoleh dengan memperbanyak konsumsi air putih sebagai asupan mineral, serta konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin.

5. Gunakan Pelembap Kuku

Selain pemenuhan nutrisi dari makanan, cara agar kuku tidak mudah rapuh juga dapat Anda lakukan dengan memberikan nutrisi tambahan seperti pelembap kuku.

Penggunaan pelembap kuku dapat membantu memenuhi nutrisi agar kesehatan kuku tetap terjaga dan tidak rapuh. Pelembap kuku ini dapat dibeli di pasaran. Bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun ataupun madu.  Oleskan dua sampai tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

Selain menggunakan pelembap, Anda juga dapat merendam kuku kaki menggunakan air yang dicampur dengan garam atau produk rendaman kaki lainnya. 

6. Hindari Berjalan Tanpa Alas Kaki

Seringnya tidak menggunakan alas kaki saat berjalan di toilet umum ataupun tempat kotor lainnya akan membuat kuku berisiko terinfeksi kuman ataupun jamur. Selalu gunakan alas kaki, membilas kaki agar selalu bersih serta keringkan agar tidak lembap. 

Gejala kuku rapuh bisa dikenali dari perubahan warna kuku menjadi kuning, kusam, dan menebal. Jika sudah terjadi infeksi, gunakan salep yang bisa dibeli didapatkan pasaran.

Namun, jika gejala terus menetap, sebaiknya segera bicarakan kepada dokter. Bila ingin berkonsultasi dengan dokter seputar masalah kuku, gunakan fitur Live Chat KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar