Sukses

Sudah Olahraga, Tetapi Kok Perut Buncit?

Banyak orang yang sudah rajin berolahraga tanpa hasil yang menggembirakan. Bahkan tetap saja perut buncit. Mengapa?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang menempuh berbagai cara untuk mendapatkan perut rata. Olahraga di pusat kebugaran atau sit up secara rutin, misalnya. Akan tetapi, beberapa orang mendapatkan hasil yang tak sesuai dengan harapan dan perut buncit tetap bertahan.

Ada lima hal yang menyebabkan perut seseorang tak kunjung rata meski sudah rutin berolahraga.

  1. Usia

    Metabolisme tubuh menurun seiring dengan bertambahnya usia, sehingga kemampuan tubuh dalam membakar kalori ikut menurun. Berat badan pun lebih mudah naik dan sulit turun.

    Selain itu, pada wanita yang sudah menopause, produksi hormon estrogen dan progesteron pun menurun. Begitu juga dengan produksi hormon testosteron pada pria. Perubahan hormonal inilah yang juga menyebabkan perut gampang buncit.

  2. Olahraga yang salah

    Anda sudah rutin berolahraga, tetapi perut tetap buncit? Penyebabnya mungkin adalah intensitas olahraga yang salah.

    Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi cenderung mengalami pengurangan lemak di area perut. Jadi, tingkatkanlah intensitas olahraga Anda!

  3. Stress

    Pekerjaan yang menumpuk, kemacetan, atau tagihan kartu kredit yang membengkak bisa menjadi sumber stres. Stres ternyata bisa menjadi salah satu pemicu bertambahnya berat badan dan perut membuncit.

    Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Hal ini dapat menyebakan penumpukkan lemak berlebih terutama di area perut.

  4. Kurang tidur

    Seseorang yang tidur kurang dari lima jam setiap malam berisiko 30 persen lebih tinggi mengalami peningkatan berat badan, dibandingkan dengan seseorang yang cukup tidur. Hal ini dibuktikan lewat studi yang melibatkan 70.000 wanita.

    Tidur yang cukup adalah sekitar 7-8 jam setiap malam. Jadi usahakan untuk cukup tidur jika tak ingin berat badan naik dan perut membuncit.

  5. Penyakit tertentu

    Perut yang membuncit bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu, misalnya Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). PCOS merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur).

    PCOS terjadi pada 5- 10 persen wanita. PCOS merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan pada wanita.

    Gejala utama dari penderita PCOS yaitu gangguan pada siklus menstruasi, peningkatan berat badan, dan peningkatan kadar hormon androgen. Peningkatan kadar hormon androgen memicu timbulnya jerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh, atau disebut hirsutism.

Jika diet atau olahraga tak lagi ampuh meratakan perut, pastikan Anda tahu penyebabnya. Beberapa faktor di atas bisa menggagalkannya dan membuat perut buncit tak kunjung hilang. Tapi setidaknya, berolahraga dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar