Sukses

Sudah Olahraga, Tetapi Kok Perut Buncit?

Salah satu tujuan olahraga adalah agar perut menjadi lebih langsing. Namun, bagaimana jika Anda sudah berolahraga tetapi perut masih buncit?

Banyak orang menempuh berbagai cara untuk mendapatkan perut rata. Olahraga di pusat kebugaran atau sit-up secara rutin, misalnya. Akan tetapi, beberapa orang mendapatkan hasil yang tak sesuai dengan harapan, alias sudah olahraga perut tetap buncit. 

Ada tujuh hal yang dapat menyebabkan perut tetap buncit meski sudah olahraga. Berikut di antaranya:

1. Usia

Semakin bertambahnya usia Anda, metabolisme tubuh akan menurun. Karena itu, kemampuan tubuh dalam membakar kalori pun ikut menurun. Alhasil, berat badan jadi sulit turun. 

Pada wanita yang sudah menopause, produksi hormon progesteron dan estrogen akan menurun. Hal yang sama terjadi pada produksi hormon testosteron pria. Hal inilah yang juga membuat perut mudah buncit. 

Artikel Lainnya: Ini Bahaya yang Mengintai si Perut Buncit

1 dari 4 halaman

2. Olahraga yang Salah

Sudah olahraga perut tetap buncit? Penyebabnya mungkin adalah intensitas olahraga Anda.

Menurut sebuah studi, pada orang yang intensitas olahraganya tinggi, lemak perutnya pun akan berkurang. Jadi, tingkatkanlah intensitas olahraga Anda!

3. Stres

Beban pekerjaan, masalah finansial, atau masalah dalam hubungan merupakan sumber stres. Dan stres inilah yang dapat mengakibatkan perut tetap buncit walau sudah olahraga. 

Mengapa demikian? Ketika seseorang stres, tubuhnya akan menghasilkan hormon kortisol. Ini bisa memicu penumpukan lemak berlebih terutama di area perut.

Artikel Lainnya: Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah 

2 dari 4 halaman

4. Kurang Tidur

Seseorang yang kurang tidur berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan, ketimbang seseorang yang tidurnya cukup. Hal ini dibuktikan lewat penelitian terhadap ribuan wanita. 

Jadi, usahakan untuk cukup tidur (7-8 jam setiap malamnya) jika tak ingin berat badan naik dan perut membuncit. 

5. Penyakit Tertentu

Perut tetap buncit walau sudah olahraga bisa dipicu oleh penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang dapat menjadi penyebab perut buncit adalah polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS merupakan gangguan hormon dengan gejala berupa adanya sejumlah kista pada indung telur. PCOS dapat meningkatkan berat badan sekaligus kadar hormon androgen.

Artikel Lainnya: Perut Buncit, Keturunan atau Tidak?

3 dari 4 halaman

6. Pola Makan Tidak Teratur

Walaupun olahraga sudah rutin, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang baik maka kalori di tubuh pun akan sulit dibakar. Apalagi dengan kebiasaan ngemil tinggi karbohidrat dan gula. 

Itulah mengapa beberapa orang sudah olahraga perut tetap buncit. Jadi, perhatikan pola makan Anda sehari-hari. 

7. Sering Konsumsi Alkohol

Sudah olahraga perut tetap buncit bisa jadi karena sering mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol berisiko menaikkan berat badan, karena kandungan kalori dalam minuman beralkohol biasanya cukup tinggi. 

Demikianlah beberapa faktor yang kemungkinan menjadi alasan mengapa perut tetap buncit walau sudah olahraga. Jika Anda sudah menjalani diet atau olahraga namun tidak memberikan hasil yang Anda inginkan, maka lakukanlah evaluasi. 

Namun yang perlu Anda catat adalah jangan berhenti berolahraga atau beraktivitas fisik. Karena setidaknya, berolahraga dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat, segar dan bugar.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar