Sukses

Manfaat Tersembunyi di Balik Thai Tea

Kenali manfaat tersembunyi dari Thai tea, teh asli asal Thailand.

Klikdokter.com, Jakarta Panas-panas minum Thai tea dingin memang enak. Rasanya yang manis dan wanginya yang khas membuat banyak orang ketagihan.

Pada mulanya, Thai tea berasal dari daun teh Ceylon. Namun, karena harga yang tinggi, daun teh Assam pun digunakan. Di dalamnya, Thai tea mengandung rempah-rempah yang sangat bermanfaat, seperti bunga lawang dan kapulaga.

Bunga lawang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, kapulaga baik untuk kesehatan jantung, lambung, peredaran darah, dan infeksi saluran kencing. Tak hanya itu, kapulaga juga berkhasiat sebagai antikanker dan antidepresi.

Walau kandungan di dalam Thai tea bermanfaat, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Kenapa?

Setelah diseduh, Thai tea dicampur dengan susu kental manis dan gula pasir. Pada penyajian akhir, teh ini diberikan susu atau santan di atasnya. Bahan-bahan tambahan tersebut menjadikan Thai tea sangat tinggi gula.

Ingat, makanan atau minuman tinggi gula tidak pernah baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi penderita diabetes dan obesitas, tentunya sangat merugikan.

Thai tea juga mengandung kalori yang tinggi. Kalori teh ini memang bergantung pada seberapa banyak susu kental manis, gula pasir, dan santan yang diberikan. Namun biasanya kalori Thai tea mencapai 300, hampir dua kali lipat daripada minuman soda.

Kalori dari minum segelas Thai tea sama dengan makan dua porsi nasi putih. Untuk membakar 300 kalori, Anda harus jalan kaki selama 80 menit atau jogging selama 30 menit atau berenang selama 20 menit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Thai tea, hindari mengonsumsinya terlalu berlebihan. Tidak mau, kan, timbangan naik gara-gara minuman ini?

[RS/MFW]

0 Komentar

Belum ada komentar