Sukses

Manfaat Tersembunyi di Balik Thai Tea

Berbahagialah bagi Anda penggemar Thai tea. Ternyata, teh asal Thailand ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja?

Ketika cuaca panas, konsumsi minuman seperti es Thai tea sangat menggiurkan. Rasanya yang manis dan wanginya yang khas memang membuat banyak orang ketagihan. Thai tea tidak hanya terkenal di negara asalnya yaitu Thailand, namun sudah meluas hingga di Asia Tenggara. 

Pada mulanya, jenis minuman ini hanya disajikan di restoran-restoran yang menjual makanan khas Thailand saja. Namun, saat ini sudah banyak gerai yang menjual minuman Thai tea saja karena rasanya yang nikmat dan banyak dicari orang. Lalu, apa saja manfaat Thai tea untuk kesehatan?

1 dari 3 halaman

Manfaat Thai Tea untuk Kesehatan

Thai tea terbuat dari daun teh hitam yang dilengkapi dengan gula, susu kental manis, serta susu cair sehingga terasa gurih dan kental. Warna dari teh ini biasanya cenderung oranye, kuning, atau pucat. 

Ternyata di Thailand warna ini berasal dari biji asam dan berbagai rempah-rempah. Minuman ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Penyajiannya juga mulai divariasikan dengan tambahan topping seperti boba, cincau, aloe vera, dan lain-lain. Dilihat dari kandungannya, manfaat Thai tea sangat baik untuk kesehatan.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan daun teh hitam sangat kaya akan antioksidan sehingga dapat berfungsi mencegah kanker.  Para peneliti di Thailand dari Prince of Songkla University telah melakukan penelitian terkait kandungan antioksidan, antikanker, dan sifat sitotoksik dari daun teh hitam. 

Hasilnya ditemukan bahwa daun teh hitam dapat mengurangi efek buruk radikal bebas pemicu kanker di tubuh. Daun teh hitam dapat mencegah kanker pankreas, kanker usus besar, serta kanker payudara

Artikel Lainnya: Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Tinggi Kafein?

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Arteri

Sebuah penelitian di Boston University menemukan bahwa pasien jantung yang mengonsumsi teh hitam secara teratur, memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik daripada yang tidak. 

Konsumsi Thai tea yang mengandung teh hitam ternyata dapat memperlebar pembuluh darah serta membuatnya menjadi lebih sehat. Hal ini tentunya akan menjauhkan Anda dari risiko serangan jantung maupun stroke

  1. Menurunkan Berat Badan 

Thai tea mengandung kafein yang merupakan golongan stimulan. Kafein yang ada di dalamnya berjumlah sebanyak 50-60 mg per ons per cangkir minuman Thai tea. Kafein ini dapat membantu Anda tetap fokus dan enerjik. 

Kombinasi kafein dan antioksidan di dalam Thai tea dapat meningkatkan metabolisme sehingga membakar kalori lebih cepat. Mengonsumsi Thai tea ditambah melakukan olahraga ringan akan menyebabkan penurunan berat badan.

  1. Sebagai Sumber Energi

Selain kafein, kandungan susu serta gula dalam Thai tea menjadi sumber energi dan inilah salah satu manfaat Thai tea yang bisa dirasakan secara langsung oleh konsumennya. Jika Anda lelah bekerja dan tidak ada waktu untuk makan, Anda dapat mencoba menyeruput Thai tea untuk menggantikan sumber energi. 

Artikel Lainnya: Ini, Lo, 10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

  1. Memperkuat Tulang dan Otot 

Minuman Thai tea mengandung susu yang dapat menjadi sumber protein dan kalsium. Selain rasanya yang nikmat, mengonsumsi Thai tea dapat membantu memperkuat tulang, otot, dan gigi, 

  1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral 

Khasiat Thai tea berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Contoh vitamin yang ada di Thai tea adalah vitamin A dan vitamin D. 

  1. Menjaga Tubuh dari Berbagai Penyakit Kronis 

Menurut artikel yang diterbitkan oleh International Journal of Health Science, teh hitam mengandung senyawa polifenol yang dapat menjaga tubuh dari munculnya penyakit kronis seperti darah tinggi, diabetes, serta jantung. Namun, tetap perlu diperhatikan kandungan gula yang digunakan di dalam pembuatan Thai tea. 

Meskipun kandungan Thai tea bermanfaat untuk kesehatan, Anda tetap harus berhati-hati saat mengonsumsi minuman yang satu ini. Kenapa? 

Karena biasanya, penyajian akhir untuk teh ini adalah diberikan susu atau santan di atasnya. Bahan-bahan tambahan itulah yang pada akhirnya menjadikan Thai tea memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Ingat, makanan atau minuman tinggi akan gula tidak pernah baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes dan obesitas. Jika Anda sangat menyukai minuman Thai tea, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa membuat sesuai dengan selera dengan menakar sendiri jumlah gula dan susu kental manis.

Artikel Lainnya: Jenis Teh Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Thai Tea Sendiri

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi Thai tea dengan selera pribadi, Anda bisa membuat teh ini sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat Thai tea:

  • Seduhlah 1 sendok makan teh hitam dengan 200 ml air mendidih sampai cukup kental.
  • Campur 50 ml susu cair, sedikit gula sesuai selera, dan susu kental manis sekitar 2 sendok makan lalu aduk sampai merata. 
  • Tuangkan teh hitam yang telah dibuat.
  • Tuangkan campuran susu.
  • Tambahkan es batu.
  • Thai tea buatan Anda siap disajikan.

Itulah beberapa manfaat minum Thai tea yang bisa Anda dapatkan. Meskipun Thai tea memiliki berbagai manfaat kesehatan, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gula di dalamnya serta jangan mengonsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat! 

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait atau informasi kesehatan lainnya, Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter kami menggunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar